Anies Beberkan Program-program Entaskan Banjir di Jakarta

Jum'at, 03 Mei 2019 - 10:02 WIB
Anies Beberkan Program-program Entaskan Banjir di Jakarta
Anies Beberkan Program-program Entaskan Banjir di Jakarta
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terus berupakan mencari solusi mengatasi banjir di ibu kota. Bahkan, orang nomor satu di DKI Jakarta ini membeberkan sejumlah program pengentasan banjir.

"Yang terkait dengan program-program pengendalian banjir saya selalu sampaikan ada beberapa. Satu adalah sumber banjir karena air dari hulu. Itu solusinya dengan membangun lebih banyak kolam-kolam retensi waduk dam. Sehingga air dari hulu bergerak ke Jakarta secara lebih terkontrol," urai Anies di Jakarta, Jumat (3/5/2019).

Kemudian penyebab kedua, lanjut Anies, yakni meningkatnya permukaan air laut. "Karena itu juga penyebab banjir. Caranya adalah dengan meneruskan pembangunan tanggul di pesisir Jakarta," tambahnya.

Adapun penyebab ketiga terkait dengan banjir akibat hujan di dalam kota yang ada di beberapa wilayah.

"Wilayah-wilayah yang tanah-tanahnya itu mampu menyerap air, di situ kita bangun program drainase vertikal untuk tanah-tanah yang bisa menyerap air dengan baik. Sungai-sungai yang sekarang ada itu kita akan bangun tempat di mana ekosistem sungainya dihidupkan kembali," terang Anies.

"Menghidupkan ekosistem sungai itu supaya satu airnya jernih, mahkluk-makhluk bisa hidup di sana. Dan kalau makhluk-makhluk bisa hidup di sana artinya polusi juga rendah. Dan itu yang akan kita lakukan," sambungnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6833 seconds (0.1#10.140)