alexametrics

Banjir Kiriman, DKI Tunggu Penanganan Hulu

loading...
Banjir Kiriman, DKI Tunggu Penanganan Hulu
Banjir Kiriman, DKI Tunggu Penanganan Hulu
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah wilayah Jakarta bantaran Kali Ciliwung terendam banjir kiriman dari pintu air Bendung Katulampa, Bogor, Jumat (26/4/2019). Antisipasi banjir dari hulu kali terus dilakukan DKI dengan memberikan bantuan kepada daerah mitra Bogor dan Depok.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pada Kamis 25 April 2019 malam sekitar pukul 21.00 WIB, pihaknya mendapatkan informasi bahwa pintu air Katulampa dalam kondisi siaga 1. Seluruh petugas pun langsung dikerahkan untuk mengantisipasi datangnya air kiriman dari hulu. Termasuk wali kota setempat yang daerah khususnya bantaran Kali Ciliwung.

Selain itu, kata Anies, petugas lingkungan hidup juga bertugas all out membersihkan sampah di pintu Air Manggarai. Dia menilai sampah yang masuk dari aliran sungai Ciliwung itu sangat luar biasa.



"Tempat di tepi sungai yang berpotensi terkena limpahan banjir kriman itu sudah diantisipasi sejak malam. Jadi itu di tempat itu tidak ada hujan sebetulnya. Kita itu menerima air dan sampah dari hulu," kata Anies di Gedung Dinas Tekhnis DKI Jakarta, Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019).

Anies menjelaskan, penanganan banjir dari hulu saat ini terus dilakukan, dan ada dua bendungan, waduk Ciawi dan Sukamahi yang dikerjakan oleh pemerintah pusat dan ditargetkan rampung akhir tahun ini. Menurutnya, dengan adanya dua bendungan itu saja, hujan deras di Ciawi bisa dikendalikan sekitar 30 persen sebelum masuk ke Jakarta.

"Saat ini sebelum selesai air masih begitu saja datang. Ini adalah contoh situasi banjir karena kiriman dari selatan," pungkasnya.
(mhd)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak