Kemacetan Tol Cikampek Makin Horor

Kamis, 11 April 2019 - 08:08 WIB
Kemacetan Tol Cikampek Makin Horor
Kemacetan Tol Cikampek Makin Horor
A A A
BEKASI - Horor kemacetan di jalur tol Jakarta-Cikampek akibat dampak sejumlah proyek infrastruktur belum juga bisa diatasi. Kondisi ini dikhawatirkan berlanjut hingga masa liburan Lebaran nanti.

Sejumlah cara pun dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan di jalur tol terpadat di Indonesia itu. Salah satunya adalah wacana penerapan ganjil-genap saat musim mudik Lebaran, awal Juni mendatang.

Pihak otoritas perhubungan dan kepolisian menyampaikan bahwa penerapan ganjil-genap di tol Jakarta-Cikampek memungkinkan dilakukan. Sementara pihak operator dalam hal ini PT Jasa Marga (Persero) Tbk, juga tidak keberatan apabila aturan tersebut diberlakukan.

Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Soenardi mengatakan, wacana kebijakan ganjil-genap di ruas tol Jakarta–Cikampek bisa saja diimplementasikan. Namun, hal itu harus dikoordinasikan bersama banyak pihak seperti kepolisian, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) serta Kementerian Perhubungan.

“Pada dasarnya kita siap saja mengikuti arahan dari pemerintah. Selama itu bisa mengurai kepadatan dan sesuai dengan arahan dari regulator jalan tol dan pihak terkait lainnya. Tapi ini belum ada omongan dan pemberitahuan,” ujar Irra di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, Jasa Marga telah memiliki perencanaan sendiri guna mengatasi kepadatan di ruas tol Jakarta–Cikampek menjelang masa mudik Lebaran 2019. Menurutnya ada beberapa langkah yang akan dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan, yakni peningkatan pelayanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan konstruksi serta rest area.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengatakan, akan membicarakan lebih lanjut rencana penerapan ganjil-genap di tol Jakarta-Cikampek saat musim libur Lebaran mendatang.

“Tapi itu hasil rapat terakhir dengan pihak Korlantas Polri. Kalau toh akan diterapkan, pastinya akan ada kajian terlebih dahulu. Karena kita melihat juga kayaknya masih terlampau dini,” kata Budi di Jakarta kemarin.

Dia menambahkan, pemerintah dalam hal ini Direktorat Perhubungan Darat Kemenhub telah membuat sejumlah alternatif mengantisipasi kepadatan pemudik roda empat di ruas tol. Di antaranya menerapkan contra flow, one way atau penerapan satu lajur dari dua lajur yang ada dengan waktu tertentu, pengalihan arus lalu lintas.

Kementerian Perhubungan memprediksi, puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan jatuh pada 31 Mei atau H-5 Lebaran, dengan perkiraan waktu keberangkatan pukul 06.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Akan tetapi untuk kondisi tertentu ada potensi puncak mudik juga terjadi lebih awal yakni pada 29 atau 30 Mei 2019. Adapun untuk puncak balik diprediksi jatuh pada 9 Juni atau H+3 lebaran.

“Kami imbau juga, supaya masyarakat pemudik pengguna angkutan pribadi roda empat, supaya jangan terlalu bertumpu di jalur tol. Sebab, pilihan moda angkutan lain juga banyak, termasuk ketersediaan angkutan moda gratis bagi sepeda motor,” katanya.

Diketahui, dalam dua tahun terakhir kemacetan di jalur tol Jakarta–Cikampek semakin menjadi-jadi sejak adanya proyek infrastruktur di wilayah itu. Setidaknya ada tiga proyek yang hingga saat ini masih berjalan, yakni tol Jakarta–Cikampek II Elevated, Light Rail Transit (LRT) dan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Selain itu proyek lain yang sedang dikerjakan adalah pembangunan tol Bekasi–Cawang-Kampung Melayu (Becakayu).

Kemacetan ini disebabkan volume kendaraan yang padat hampir di setiap waktu. Kondisi lebih parah terjadi saat malam hari di atas pukul 22.00 WIB hingga menjelang subuh. Ini membuat waktu tempuh para pengendara menjadi lebih lama. Misalnya saja, waktu tempuh dari tol TB Simatupang ke Simpang Susun Cikunir yang normalnya hanya 30 menit, kini bisa satu jam lebih.

Yang terbaru, kemacetan parah terjadi pada Selasa (9/4) lalu dan Rabu (10/4). Pada Selasa lalu, kemacetan disebabkan adanya truk yang mogok tak jauh dari gerbang tol Cikunir 2 menuju Rorotan arah Jakarta. Imbasnya, lalu lintas pun macet total hingga tiga jam, dam berdampak pada jalur-jalur tol Cikampek dan sekitarnya serta jalan arteri di wilayah Bekasi. Sementara itu kemarin, kemacetan terjadi karena penyempitan lajur tol yang menuju arah Cikampek.

Berimbas ke Jalan Arteri
Kemacetan parah di jalan tol tersebut berdampak pada padatnya jalan arteri di Bekasi. Hal ini karena banyak pengendara roda empat memilih keluar tol untuk kemudian mengambil alternatif ke jalan-jalan arteri.

Kondisi ini pun sempat dikeluhkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Pasalnya kemacetan yang bermula dari jalur tol menjalar ke wilayah mitra DKI Jakarta tersebut.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, kemacetan yang terjadi karena wilayahnya sedang banyak pembangunan proyek strategis nasional.

"Kemacetan di Kota Bekasi cukup signifikan dan tidak bisa dihindarkan, karena setiap pembangunan berdampak pada kemacetan, apalagi ada empat proyek strategis nasional yang sedang dikerjakan berbarengan," katanya.

Dia mengakui, kendati kerap dilanda kemacetan, pihaknya mendukung program pemerintah pusat. Tri juga mengaku, banyak menampung keluhan masyarakat soal kemacetan yang terjadi di wilayahnya. "Karena Bekasi itu strategis, jadi pembangunannya sangat pesat," ungkapnya.

Untuk minimalisasi kemacetan di tol yang berimbas ke jalan arteri, kata dia, pemerintah melalui Dinas Perhubungan melakukan tindakan dengan mengoptimalkan jaringan ruas jalan yang kerap timbul kemacetan. Bahkan pemerintah juga melakukan pelarangan terhadap kendaraan berat lebih dari 8 ton dilarang melintas di jalan arteri Bekasi.

Pengamat transportasi Universitas Indonesia (UI) Tri Tjahyono menilai, pengerjaan proyek di jalur tol Jakarta–Cikampek yang tak kunjung usai berdampak pada kejenuhan pengendara. Kondisi ini tak jarang menyebabkan buruknya sikap pengendara sehingga kerap terjadi aksi saling serobot jalur.

"Ini karena kapasitasnya jalan turun secara ekstrim. Saya yakin enggak ada analisa dampak lalu lintas selama pembangunan," katanya.

Menurutnya, kemacetan akibat proyek ini tidak ada solusinya selain segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. Seharusnya, kata dia, operator tol dan kontraktor harus bekerja dengan orientasi prioritas lalu lintas dan bukan proyek.

Tri menilai, proyek tersebut dikerjakan tanpa studi traffic management selama masa konstruksi. Hal ini berbeda dengan proyek yang dinilai cukup baik mengelola lalu lintas yakni pembangunan MRT Jakarta terutama di kawasan Sudirman. "Analisis dampak lalu lintas selama pembangunan harus dibuat dan ditaati," tandasnya.

Dia menyarankan, sebaiknya pihak yang berkepentingan memberikan informasi mengenai jadwal penyempitan jalan dengan baik, khususnya tol layang.

Solusi Macet Lebaran
Terkait rencana pengaturan lalu lintas menjelang libur Lebaran akhir Mei dan awal Juni mendatang, Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah langkah. Di antaranya memaksimalkan pelayanan transaksi dengan menggeser Gerbang Tol (GT) dari arah Jakarta yakni Gerbang Tol Cikarang Utama di kilometer (KM) 29 ke KM 70. “Kenapa, karena GT Cikarang Utama sekarang sudah tidak representative lagi, akibat pembangunan Jakarta-Cikampek (Japek) Elevated,” ujar Corporate Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Irra Soenardi.

Langkah lain adalah dengan mengoptimalisasi kapasitas lajur, memperhatikan pelayanan lalulintas serta menghentikan proyek konstruksi pada H-10 Lebaran.

“Kita maksimalkan, zero portal, karena saat ada perbaikan jalan tak mengganggu jalan dan tak mengganggu aktivitas konstruksi yang berlangsung sebelum puncak mudik,” ungkapnya.

Irra menambahkan, dari sisi pengaturan layanan lalu lintas, Jasa Marga akan memberikan panduan mengenai rest area yang tersedia. Diharapkan, masyarakat tidak terpaku pada rest area yang tersedia di ruas tol, namun juga rest area yang ada di luar tol namun tetap bisa terkoneksi ke jalur masuk tol.

“Makanya nanti akan kita terbitkan buku panduan yang di dalamnya ada kuliner khas. Jadi tidak harus di area tol, tetapi AreaWisata lain di luar tol. Jadi ketika mereka (pemudik) beristirahat di luar tol, bisa kembali masuk ke jalur tol setelahnya. Tentu nilai lebihnya banyak, kuliner khas dan area menarik lainnya,” pungkasnya. (Ichsan Amin/Abdullah M Surjaya/R Ratna Purnama)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5583 seconds (0.1#10.140)