Lembaga Kebudayaan Betawi Luncurkan Aplikasi untuk Pelestarian

Sabtu, 09 Maret 2019 - 14:19 WIB
Lembaga Kebudayaan Betawi Luncurkan Aplikasi untuk Pelestarian
Lembaga Kebudayaan Betawi Luncurkan Aplikasi untuk Pelestarian
A A A
JAKARTA - Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) gelar rapat kerja (Raker), bertema
“LKB Penggerak Pelestarian dan Pengembangan Budaya Betawi di Era Milenial” di kawasan Jakarta Pusat, Sabtu (9/3/2019). Pemanfaatan teknologi menjadi pendekatan LKB untuk melestarikan, membina dan mengembangkan budaya betawi.

Ketua Umum LKB, Beky Mardani mengatakan, mengikuti terus perkembangan zaman agar budaya Betawi tidak ditinggalkan oleh generasi milenial. Salah satu upayanya yaitu mendekati kalangan milenial dengan meluncurkan aplikasi Betawi Akses yang terhubung dengan situs LKB.

“Kami ingin LKB menjadi pusat referensi budaya Betawi di era sekarang dan ke depan. Upaya pelestarian, pembinaan, dan pengembangan kita sesuaikan dengan era saat ini lewat pemanfaatan teknologi,” kata Beky melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

Becky menjelaskan, melalui aplikasi ini semua informasi mengenai budaya Betawi bisa didapatkan. Semua ditampilkan melalui teks di web, juga video. Selain kreativitas dan gagasan baru, hal lainnya yang penting adalah keberpihakan Pemprov DKI Jakarta sebagai stakeholder yang diamanati konstitusi.

Untuk mengembangkan gagasan itu, lanjut Becky, pihaknya juga akan melakukan evaluasi dalam raker guna menentukan strategi untuk pelestarian dan pengembangan satu tahun ke depan.

“Raker diharapkan bisa menampung ide, gagasan, dan pemikiran berbagai stakeholder seperti pemerintah, tokoh masyarakat, pelaku seni, budayawan, dan juga akademisi. Output dari raker ini adalah program kerja yg akan diusulkan LKB kepada Pemerintah Provinsi, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5714 seconds (0.1#10.140)