RS Sentosa Bekasi Siloam Gelar Pengobatan Gratis di Desa Mekar Sari

Minggu, 03 Maret 2019 - 20:04 WIB
RS Sentosa Bekasi Siloam Gelar Pengobatan Gratis di Desa Mekar Sari
RS Sentosa Bekasi Siloam Gelar Pengobatan Gratis di Desa Mekar Sari
A A A
BEKASI - Rumah Sakit (RS) Sentosa Bekasi memberikan Pengobatan Gratis kepada 400 warga di lingkungan kampung kobak RW 27 yang memiliki 8 RT di Desa Mekar Sari, Kecamatan Tambun Selatan, Kota Bekasi, kemarin.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kepedulian dan kesadaran kepada warga sekitar tentang pentingnya pola hidup sehat dengan cara rutin memeriksakan diri ke Puskesmas atau Rumah Sakit,” kata Penanggungjawab Kegiatan Pengobatan Gratis, Astuti Juni, di Bekasi, Sabtu 2 Maret 2019.

Menurut dia, pihaknya melakukan kegiatan ini sebanyak empat kali dalam setahun di desa desa yang berada di sekitar rumah sakit. Khusus Pengobatan Gratis di Desa Mekar Sari ini adalah kegiatan yang pertama dilakukan RS Sentosa Bekasi tahun 2019 ini.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini mendapat respons antusias dari warga sekitar yang ingin berobat, mulai dari balita hingga warga usia lanjut. Pihak RS. Sentosa mengirimkan sebanyak 20 tim medis yang terdiri dari dua dokter, tim apoteker dan sejumlah perawat.

Dr Yani mengatakan, saat ini yang paling banyak ditemukan yaitu warga yang mengalami (Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) dan hiperten. Yani menyarankan sebaiknya sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, warga terlebih diberikan penyuluhan terlebih dahulu karena masih banyak ditemukan penyakit- penyakit yang tidak menular seperti hipertensi dan diabetes. Sebab mereka tidak mengetahui apa yang sedang diderita warga tersebut yang dalam artian masih kurangnya edukasi.

Seorang warga yang ikut pengobatan massal, Engkong Sueb (82) yang mengidap penyakit TBC paru- paru, mengaku senang sekali dengan adanya kegiatan ini.

“Engkong seneng bisa dapet obat gratis, penyakitnya udah tahunan, engga bisa ke puskesmas karena jauh udah engga kuat jala,” kata Sueb yang juga mengalami kurangnya pendengaran di telinga kanannya.

Acara ini juga dihadiri Lurah Desa Mekar Sari Linda Ekawaty yang mengungkapkan dirinya menyambut baik dengan adanya kegiatan ini. “Luar biasa dan saya berterima kasih sekali kepada RS Sentosa dan Alhamdulilah Mekar Sari terpilih sebagai desa untuk mendapatkan Pengobatan Gratis. Sebab desa yang saya pilih ini adalah RW yang paling padat penduduknya yang mana dihuni oleh sekitar 300 KK disetiap RT nya dan mayoritas dari mereka adalah sebagai pedagang asongan dan pengamen jalanan,” ungkap Ibu Linda.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9213 seconds (0.1#10.140)