Polri Gandeng Mahasiswa UP Jadi Agen Keselamatan Berlalu Lintas

Rabu, 27 Februari 2019 - 23:01 WIB
Polri Gandeng Mahasiswa UP Jadi Agen Keselamatan Berlalu Lintas
Polri Gandeng Mahasiswa UP Jadi Agen Keselamatan Berlalu Lintas
A A A
JAKARTA - Ratusan mahasiswa Universitas Pancasila (UP) Jakarta melakukan deklarasi untuk menjadi agen keselamatan berlalu lintas. Deklarasi itu dibacakan di hadapan jajaran Korlamtas Polri dan pimpinan universitas. Tujuannya, mahasiswa dapat memberikan pemahaman pada lingkungan sekitar dan bisa menekan angka kecelakaan.

Tingkat probabilitas kecelakaan terjadi di kalangan anak muda, utamanya remaja laki-laki. Sehingga dengan menjadi agen kesalamatan berlalu lintas maka mereka bisa paham mengenai hal tersebut.

"Setelah dari level paham kemudian mereka bisa aware (sadar) dan akhirnya naik pada level engagement (ikut serta)," kata Kasie Audit dan Inspeksi Subditkamsel Korlantas Polri, AKBP Aswin Siregar saat acara sosialisasi Millenial Safety Road Festival di Kampus UP Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Dikatakan dia, jika generasi milenial ini sudah mengetahui bahwa dirinya bisa menjadi korban dalam kecelakaan lalu lintas maka ada tindak preventif secara individu. Jika ini disadari secara massif maka mayoritas pengendara akan berkendara secara tertib.

Dampaknya, tingkat pelanggaran berkurang dan angka kecelakaan pun bisa ditekan. "Target kami ya zero accident. Maka dengan mereka (mahasiswa) terlibat langsung dalam kegiatan seperti ini mereka pun bisa menjadi agen perubahan," tukasnya

Wakil Rektor UP Agus Purwanggana menyambut baik kegiatan seperti ini. Terlebih banyak mahasiswanya yang menggunakan kendaraan bermotor, terutama roda dua. "Ya harapannya tidak hanya sampai di sini. Ke depan mahasiswa kami bisa menjadi agen penyebaran informasi mengenai keselamatan berlalu lintas," tandasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0129 seconds (0.1#10.140)