Selidiki Ledakan di Mall Taman Anggrek, Polisi Periksa 5 Saksi

Kamis, 21 Februari 2019 - 15:39 WIB
Selidiki Ledakan di Mall Taman Anggrek, Polisi Periksa 5 Saksi
Selidiki Ledakan di Mall Taman Anggrek, Polisi Periksa 5 Saksi
A A A
JAKARTA - Polisi masih menyelidiki kasus ledakan pipa gas yang terjadi di Mall Taman Anggrek, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Sejauh ini, sudah ada lima orang saksi yang diperiksa dalam kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya , Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, polisi masih memeriksa saksi-saksi terkait kasus ledakan pipa gas di mal tersebut. Adapun saksi yang telah diperiksa itu seperti enginering dan pihak keamanan mal.

"Penyidik Polres Jakbar sudah periksa 5 saksi. Dari enjinering, sekuriti sudah kita lakukan pemeriksaan," ujarnya pada wartawan, Kamis (21/2/2019).

Menurutnya, sejumlah temuan yang ada di lokasi pun tengah diperiksa oleh Tim Labfor Mabes Polri. Selain itu, polisi juga saat ini tengah melakukan pemeriksaan lanjutan di lokasi ledakan tersebut.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi menerangkan, ledakan itu terjadi karena adanya gas yang mengumpul dari kebocoran pipa gas di Depot Betawi. Secara mekanikal gas itu berkumpul di tempat minim dan tersamber blower hingga bertemu percikan api yang menimbulkan ledakan.

Dari hasil temuan tim Gegana Polda Metro Jaya, ledakan diketahui merupakan ledakan mekanikal. Ledakan mekanikal maksudnya dimana tidak ditemukan bahan peledak di lokasi, sehingga dipastikan ledakan itu bukanlah bom.

Polisi, tambahnya, juga tengah mendalami dugaan adanya kelalaian dalam peristiwa ini dan telah meminta keterangan sejumlah pihak mal. Adapun yang telah dimintai keterangannya itu seperti petugas keamanan dan pengelola mal.

Pihaknya pun menyita rekaman kamera CCTV yang merekam kejadian di lokasi. "Kita cek (Standar Operasional Prosedur) SOP-nya dan kita cek betul apakah ada kelalaian di sini. Karena ini beruntung terjadi ledakan ini (mal) belum buka, belum ada pengunjung. Bayangkan kalau ada pengunjung tiba-tiba ada ledakan," kata Hengki.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5906 seconds (0.1#10.140)