Sampah Malam Tahun Baru Capai 327 Ton

Selasa, 01 Januari 2019 - 12:01 WIB
Sampah Malam Tahun Baru Capai 327 Ton
Sampah Malam Tahun Baru Capai 327 Ton
A A A
JAKARTA - Sebanyak 327 ton sampah pada malam perayaan Tahun Baru 2019 yang berhasil dikumpulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta. Ratusan ton sampah itu dikumpulkan dari kawasan Thamrin-Monas, Gambir, Jakarta Pusat.

"Sampah yang terkumpul di malam perayaan tahun baru 327 ton. Namun, pukul 04.00 WIB, Jakarta sudah kembali bersih," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji melalui siaran persnya, Selasa (1/1/2019).

Menurutnya, jumlah sampah itu menurun dibandingkan perayaan tahun baru sebelumnya, yang mana mencapai 780 ton. Penurunan jumlah sampah itu terjadi karena pada perayaan kali ini hujan mengguyur kawasan Jakarta.

Masyarakat juga banyak yang mengikuti imbauan Pemprov DKI untuk merayakan pergantian tahun secara sederhana mengingat bencana yang terjadi di sejumlah daerah.

"Lokasi terbanyak (sampahnya) di kawasan Monas, ada 45 ton sampah, Bundaran HI ada 22 ton dan Jalan Sudirman-MH Thamrin ada 26 ton," tutur Isnawi.

Dia menerangkan, pihaknya memang sudah melakukan pemantauan di semua titik keramaian di Jakarta sehingga usai acara dan massa mencair, pembersihan dimulai dan prosesnya pun bisa dilakukan dengan cepat. Apalagi, 10 ribu kantong sampah dan ribuan dust in telah disebar di semua titik keramaian itu.

"Proses pembersihan relatif mudah karena sampah banyak yang sudah terkumpul. Lalu kami kerahkan juga 50 unit road sweeper untuk pembersihan jalanan," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya pun mengapresiasi masyarakat yang peduli dan telah meletakan sampah di tempatnya sehingga membantu proses pembersihan. Adapun proses pembersihan di Jalan Sudirman-Thamrin, Bundaran HI, Monas, Jalan Gajah Mada-Hayam Wuruk, Kota Tua, dan Patung Tani dipimpin langsung oleh dirinya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0231 seconds (0.1#10.140)