Jelang Ganti Tahun, Antusiasme Pendonor Darah MNC Meningkat

Kamis, 27 Desember 2018 - 19:05 WIB
Jelang Ganti Tahun, Antusiasme Pendonor Darah MNC Meningkat
Jelang Ganti Tahun, Antusiasme Pendonor Darah MNC Meningkat
A A A
JAKARTA - Menjelang ganti tahun, antusiasme pendonor darah di MNC kian meningkat. Hal itu terlihat dari ratusan karyawan yang memenuhi ruangan O dan P, Gedung I News Centre, Lantai 3, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (27/12/2018).

Dalam gelaran bertema Let’s Share the Love With Your Blood itu sejumlah karyawan MNC tampak rela mengantre menunggu giliran untuk donor darah. Target 300 kantong darah pun kian mendekati untuk tercapai. Darah itu nantinya akan didistribusikan ke Depok dan Sukabumi.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Jakarta Utara, Ulfah Suryani Mars. M. Biomed menyambut baik kegiatan ini. Ia mengatakan donor darah membantu pihaknya, khususnya PMI Depok dan PMI Sukabumi.

“Kalau menjelang tahun baru, stok darah sedikit, terutama untuk golongan darah A. Kegiatan ini sangat membantu memberikan stok darah,” kata Ulfah.

Sekalipun dirinya berasal dari Jakarta Utara, namun Ulfa mengatakan kegiatan ini tidak terbatas wilayah. Para dokter saling bantu demi mencapai target kantong darah per bulannya. Di Sukabumi, kata Ulfa, PMI menargetkan 1.500 kantong darah, sementara di Depok ditargetkan 2.500 kantong.

Untuk mencapai target itu, pihaknya mendorong kegiatan donor darah terus dilakukan. Tak hanya di kegiatan tertentu, melainkan rutin beberapa bulan sekali. “Yah, minimal tiga bulan sekali,” ucapnya.

Termasuk soal ruangan, Ulfa mengharapkan ruangan yang disediakan MNC bisa diperbesar. Sebab sepengetahuannya, gelaran yang berlangsung kali ini jauh lebih banyak masyarakat dibandingkan dengan hari sebelumnya. “Makanya dibutuhkan ruangan besar, minimal 50 tempat tidur,” tuturnya.

Di MNC diketahui kegiatan semacam ini bukanlah kali pertama. Di tahun ini saja tercatat sudah ada 8 kali kegiatan serupa yang dilakukan MNC.

Salah satu peserta, Deti Febriyana, mengatakan, kegiatan ini sangat membantu dirinya untuk mendonorkan darah. “Karena kalau di Jakarta jauh, harus di Keramat. Menurut saya kalau MNC mengadakan di kantornya, bagus sekali,” tuturnya.

Terhadap kegiatan ini, Deti sependapat dengan Ulfa yang meminta sosialisasi donor darah gencar dilakukan MNC. “Bisa dilakukan tiap bulan. Sosialisasi lebih dilakukan lagi,” tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6434 seconds (0.1#10.140)