Arus Balik Natal, 85.827 Kendaraan Kembali ke Jakarta

Rabu, 26 Desember 2018 - 14:57 WIB
Arus Balik Natal, 85.827 Kendaraan Kembali ke Jakarta
Arus Balik Natal, 85.827 Kendaraan Kembali ke Jakarta
A A A
BEKASI - Sebanyak 85.827 kendaraan telah kembali pasca-libur perayaan Natal 2018 melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi. Puluhan ribu kendaraan itu terpantau Jasa Marga sejak Selasa 25 Desemebr hingga Rabu (26/12/2018) sing ini.

"Jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta meningkat 59,4% dari volume lalu lintas harian normal sebanyak 53.849 kendaraan," kata Senior Specialist Corporate Communication, PT Jasa Marga Tbk, Irra Susiyanti.

Menurutnya, jumlah kendaraan roda empat tersebut diprediksi akan terus bertambah hingga malam nanti. Selain di GT Cikarang Utama, kata dia, Jasa Marga mencatat peningkatan kendaraan yang masuk ke Jakarta di sejumlah Gerbang Tol yang mencerminkan kota destinasi favorit pengguna jalan, di antaranya adalah GT Pasteur di Jalan Tol Purbaleunyi Bandung dan GT Ciawi di Jalan Tol Jagorawi, Kabupaten Bogor.

Rincianya, kendaraan yang melewati GT Pasteur Jalan Tol Purbaleunyi adalah sejumlah 33.284 kendaraan, meningkat 22,5% dari lalu lintas normal sebesar 27.177 kendaraan. Kemudian, lalu lintas arah Jakarta yang melewati GT Ciawi Jalan Tol Jagorawi adalah sejumlah 35.992 kendaraan, meningkat 70,3% dari lalu lintas normal sebesar 21.089 kendaraan.

Sementara itu untuk kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama juga masih mengalami peningkatan signifikan. Tercatat 68.502 kendaraan meninggalkan Jakarta melalui GT Cikarang Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Jumlah tersebut meningkat 30,4% dari volume lalin normal yaitu 52.515 kendaraan.

Irra juga mengimbau kepada pengguna jalan yang hendak melakukan perjalanan balik untuk mengatur waktu keberangkatan guna menghindari kepadatan lalu lintas, serta memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum memasuki jalan tol. Sebab, pengguna tol yang kehabisan saldo akan membuat kemacetan panjang nantinya.

Selain itu, kata dia, pastikan kondisi tubuh prima serta kecukupan BBM kendaraan sebelum memasuki perjalanan di jalan tol terutama bagi para pemudik yang melakukan perjalanan panjang Tol Trans Jawa. Saat ini, tol Jakarta - Cikampek sudah terintegrasi, sehingga pengendara bisa langsung ke Jawa Tengah maupun ke Jawa Timur.

Sementara pergerakan kendaraan roda empat di tol Jakarta-Cikampek terjadi sejak Selasa 24 Desember pukul 13.00 WIB. Pergerakan kendaraan dari Cikampek menuju ke Jakarta meningkat dibandingkan ketika arus mudik sejak 22-24 Desember lalu. Kepadatan mulai terlihat sejak di kilometer 15 sampai dengan Simpang Susun Cikunir di kilometer 10. Laju kendaraan cenderung padat merayap.

Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Hendra Damanik mengatakan, arus balik libur Natal 2018 sudah terjadi sejak Selasa 24 Desember siang. Selain kendaraan yang membludak, kepadatan di tol disebabkan adanya penyempitan jalur akibat pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 elevated di kilometer 10.

Karena itu, kata dia, dibuatkan sejumlah sodetan di sela-sela proyek untuk membuka akses ke tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Opsi tersebut dilakukan oleh Jasa Marga untuk mengurai lalu lintas agar lancar menuju JORR.

"Kita buat sodetan agar bisa mengurai kendaraan dan ribuan kendaraan yang dari arah Cikampek bisa masuk ke tol JORR," katanya.

Antisipasi kepadatan lain, kata dia, pihaknya menyiapkan buka tutup rest area mulai dari selepas Tol Purbaleunyi atau Tol Cipali. Sejumlah rest area di sana kerap mengalami kepadatan karena pengguna jalan memilih istirahat usai perjalanan dari Jawa Tengah maupun Bandung. Bahkan, Jasa Marga juga menerapkan contra flow melalui diskresi dari kepolisian.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8166 seconds (0.1#10.140)