Kurangi Sampah, Puluhan Ibu-ibu Ikuti Pelatihan Daur Ulang Sampah

Sabtu, 22 Desember 2018 - 01:02 WIB
Kurangi Sampah, Puluhan Ibu-ibu Ikuti Pelatihan Daur Ulang Sampah
Kurangi Sampah, Puluhan Ibu-ibu Ikuti Pelatihan Daur Ulang Sampah
A A A
JAKARTA - Membantu mengurangi sampah rumah tangga, Alfamart menggelar pelatihan pengelolaan kertas daur ulang produk ekonomis di Aula Kecamatan Palmerah, Jakarta Barat. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 ibu PKK Kecamatan Palmerah.
Dalam kegiatan itu, sejumlah peserta mendapatkan pelatihan mengolah sampah kertas menjadi kerajinan berbentuk kotak tissue, piring, tempat pensil, dan lain-lain. Pemberi latihan, Tri Sugiarti entrepreneur mengatakan, pihaknya mengajak sejumlah ibu rumah tangga untuk memfungsikan kembali menjadi barang kerajinan yang bermanfaat.
“Kertas bekas yang sudah tidak di fungsikan dan biasanya di buang begitu saja, malah bisa menjadi kerajinan yang beraneka ragam,” tutur Tri, Jumat (21/12/2018).

Melalui pelatihan ini, Tri berharap limbah kertas bekas akan mampu mengurangi sampah dan membuat lingkungan lebih bersih. Terlebih melalui itu, nilai ekonomis akan muncul.
Sementara itu, Branch Manager Alfamart Yudi Sobari mengatakan, kampanye pengurangan sampah rumah tangga ini merupakan salah satu bentuk kontribusi perusahaan kepada masyarakat. Karena itu, pihaknya mengajak masyarakat memelihara lingkungan serta memiliki kemampuan mengolah sampah barang bekas menjadi barang bernilai.Selain itu, dalam kegiatan ini, lanjutnya, alfamart ingin menumbuh kembangkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan melalui pengembangan kemampuan keterampilan bagi masyarakat.
“Semoga pelatihan ini menjadikan ibu-ibu rumah tangga bisa mengurangi sampah rumah tangga. Dan lebih kreatif serta menjadi wirausahawan apabila sudah mahir,” ungkap Yudi.
Diketahui hingga saat ini, limbah sampah di Jakarta Barat masih cukup tinggi. Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto mengatakan ada 1.750 ton sampah setiap harinya. Karena itu, sosialisasi terus digencarkan demi mengurangi produksi sampah, salah satunya mengajak sejumlah perusahaan dan masyarakat melakukan daur ulang.
“Di Jakarta Barat ada 242 bank sampah yang tersebar di 8 kecamatan,” ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6961 seconds (0.1#10.140)