FDR Black Box Lion Air JT-610 Diserahkan kepada KNKT

Kamis, 01 November 2018 - 19:46 WIB
FDR Black Box Lion Air...
FDR Black Box Lion Air JT-610 Diserahkan kepada KNKT
A A A
JAKARTA - Salah satu bagian dari kotak hitam atau black box milik pesawat Lion Air JT-610 tiba di Dermaga Jakarta International Containter Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Kamis (1/11/2018) petang. Kotak hitam yang dibawa dari Kapal Baruna Jaya I diletakkan di wadah bening.

Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, satu dari dua kotak hitam telah ditemukan.
"Akhirnya kita hari ini pagi tadi kita menemukan salah satu dari dua black box yang terpasang di pesawat," ujar Surjanto di JICT 2, Tanjung Priok, Kamis (1/11/2018).

Dia memprediksi kotak hitam yang ditemukan tersebut merupakan kotak hitam FDR (Flight Data Recorder). Namun kotak hitam tersebut bisa diketahui apakah jenis FDR atau Cockpit Voice Recorder (CVR), setelah pihaknya meneliti kotak hitam tersebut di laboratorium yang ada di KNKT.

"Ini kemungkinan besar adalah flight data recoder, nanti sampai di lab kita akan tahu apakah ini sebenarnya FDR atau CVR. Tapi kami cenderung lebih kemungkinan besar flight data recorder," kata dia.

Meski demikian, pihaknya terus berupaya mencari kotak hitam CVR milik pesawat Lion Air."Satu lagi kita usahakan mencari. FDR ini berisi mengenai rekaman data flight seperti kecepatan, arah, ketinggian, semua ada di data record itu," tuturnya.

Dia berharap kotak hitam CVR segera ditemukan agar pihaknya segera mengetahui penyebab kecelakaan."Jadi sekali lagi mudah-mudahan dengan ditemukannya FDR ini kita bisa menguak misteri kenapa pesawat ini mengalami kecelakaan," ucap dia.

Surjanto menyampaikan terima kasih lantaran kerja sama dalam hal pencarian kotak hitam. "Saya mengucapkan terima aksih atas kerjasama Basarnas, BPPT, TNI, Polri, Pertamina juga, kami sekali lagi mengucapkan terima kasih atas jerih payah kita," tuturnya.

Sebelumnya, Tim Search and Rescue (SAR) TNI Angkatan Laut berhasil menemukan bagian dari black box atau kotak hitam pesawat Lion Air JT 610 di kedalaman 30 meter di perairan Tanjung Karawangan, Jawa Barat sekitar pukul 10.15 WIB.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0216 seconds (0.1#10.140)