Kepala Basarnas: Tidak Ada Bantuan Asing dalam Pencarian Lion Air

Selasa, 30 Oktober 2018 - 14:52 WIB
Kepala Basarnas: Tidak Ada Bantuan Asing dalam Pencarian Lion Air
Kepala Basarnas: Tidak Ada Bantuan Asing dalam Pencarian Lion Air
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyatakan tidak ada kerja sama dengan negara asing terkait pencarian badan pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Tanjung Pakis, Karawang, Jawa Barat.

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Muhammad Syaugi menegaskan dalam pencarian badan pesawat Lion Air JT-610 tidak ada kerja sama ataupun bantuan dengan tim evakuasi dari Singapura. Pada proses pencarian ini, Basarnas mengandalkan tenaga dari TNI dan Polri, Basarnas, serta Kementerian Perhubungan, serta masyarakat.

"Dalam rangka evakuasi korban itu pure dari Indonesia dikoordinir tim Basarnas, TNI, Polri, Kemenhub dan masyarakat," kata Syaugi di Jakarta pada Selasa (30/10/2018). Syaugi menuturkan, evakuasi korban akan dijalankan secara profesional.

Sebelumnya, Kepala Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, menerima tawaran bantuan pencarian kotak hitam atau black box pesawat Lion Air JT-610. Personel dari Singapira telah datang pada 29 Oktober 2018.

“Singapura membantu dengan mengirimkan tiga personel dan peralatan khusus untuk mencari kotak hitam pesawat. Peralatan ini seperti punya KNKT tetapi lebih sensitif," tegasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6436 seconds (0.1#10.140)