BMKG: Kondisi Cuaca Bagus Saat Lion Air JT-160 Terbang

Senin, 29 Oktober 2018 - 19:50 WIB
BMKG: Kondisi Cuaca...
BMKG: Kondisi Cuaca Bagus Saat Lion Air JT-160 Terbang
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan kondisi cuaca di sepanjang rute penerbangan pesawat Lion JT-160 hingga bandara tujuan terpantau baik, Senin (29/10/2018) pagi.

Sebelum pesawat terbang, BMKG sudah menginformasikan kondisi prakiraan cuaca lengkap berdasarkan citra satelit, citra radar, maupun pengamatan cuaca bandara setempat menggunakan Automatic Weather Observation System (AWOS).

"Informasi tersebut berisi arah angin dan kecepatannya, jarak pandang, suhu, tekanan, dan lain sebagainya. Informasi cuaca yang diberikan meliputi informasi cuaca bandara keberangkatan, cuaca bandara tujuan dan cuaca sepanjang rute penerbangan” ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam siaran persnya.

Dalam rentang waktu antara take off hingga pesawat hilang, kata Dwikorita, diperkirakan pesawat masih berada di bawah ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut.

Menurut dia, menjelang take off tidak terindikasi adanya kondisi cuaca yang signifikan. Saat itu, arah angin bervariasi Selatan-Barat dengan kecepatan yang relatif lemah.

Awan-awan yang tumbuh di sekitar lokasi kejadian pada umumnya juga awan cumulus, bukan awan cumulonimbus (Cb) yang membahayakan bagi penerbangan.

“Memang berawan, namun tidak ada awan jenis Cb. Kalaupun terdeteksi kami pasti akan memberikan peringatan,” tandasnya.

Dwikorita menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga penumpang dan seluruh crew pesawat Lion JT-160 yang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat, tersebut.

“Atas nama BMKG, saya menyampaikan keprihatinan mendalam atas musibah ini. Semoga seluruh korban dapat segera ditemukan. Bagi keluarga, semoga Allah memberikan ketabahan dan ketegaran,” tutupnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7126 seconds (0.1#10.140)