HUT Bogor ke-536, 53 Ribu Orang Ikuti Istana Bogor Open

Selasa, 11 September 2018 - 14:20 WIB
HUT Bogor ke-536, 53 Ribu Orang Ikuti Istana Bogor Open
HUT Bogor ke-536, 53 Ribu Orang Ikuti Istana Bogor Open
A A A
BOGOR - Ribuan peserta Istana Bogor Open atau Istana untuk Rakyat (Istura) memadati Plaza Balai Kota Bogor yang dijadikan titik start pelaksanaan event dalam rangka hari jadi Bogor ke-536 tersebut. Istana Bogor Open ini digelar mulai Senin, 10 September 2018 hingga Sabtu, 14 September mendatang.

Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman secara resmi membuka kegiatan rutin setahun sekali tersebut. Masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya bisa mengunjungi dan melihat dari dekat Istana Bogor yang menjadi kebanggaan semuanya.

"Mudah-mudahan dengan mengikuti kegiatan ini masyarakat tidak hanya bisa melihat dari dekat bagaimana Istana Bogor tetapi bisa merasakan langsung rasa kebangaan tersebut. Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan aman, lancar dan tertib dan semua peserta mengikuti aturan yang telah ditetapkan," kata Usmar pada Selasa (11/9/2018).

Dia menuturkan, kegiatan Istura setiap tahun bisa menunjukkan keberhasilan yang luar biasa dari aspek kuantitas bahkan bisa dipromosikan menjadi wisata internasional. "Sehingga bisa mendatangkan turis-turis mancanegara datang ke Kota Bogor dan ini menambah devisa atau Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kota Bogor," tuturnya.
HUT Bogor ke-536, 53 Ribu Orang Ikuti Istana Bogor Open

Berdasarkan data diperoleh jumlah pengunjung Istura setiap tahun mengalami peningkatan dan melebih target yang telah ditetapkan panitia. Pasalnya, dari target 25.000 peserta sampai hari terakhir pendaftaran tercatat sudah 53.000 lebih peserta yang mendaftar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi mengatakan, jumlah pengunjung Istura pada 2017 lalu sebanyak 22.000. Pada tahun ini ditargetkan ada kenaikan 10% atau sekitar 1.200 orang.

"Namun ternyata jumlah pendaftar tahun ini membludak jumlahnya mencapai 53.629 orang," ujarnya. Shahlan mengungkapkan, membludaknya pengunjung Istura tahun ini karena pengunjung bisa masuk Kebun Raya secara gratis.

Gratis disini artinya hanya bagi peserta Istura, diluar dari itu tetap membayar seperti biasa. "Artinya yang bisa masuk ke Kebun Raya secara gratis hanya peserta Istura yang sudah diberi tanda di tangannya," katanya, Selasa (11/09/2018).

Dia menjelaskan, mekanisme peserta Istura masih sama seperti tahun sebelumnya. Peserta berangkat dari Plaza Balai Kota Bogor lalu masuk pintu Istana. "Setelah mengunjungi Istana Bogor bagi yang ingin masuk Kebun Raya bisa langsung tanpa dipungut biaya. Setelah dari Kebun Raya peserta juga bisa mengunjungi beberapa museum yang dibuka untuk umum," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6614 seconds (0.1#10.140)