Pemprov DKI Sudah Terbitkan 608 Izin Usaha Mikro Kecil untuk OK OCE

Senin, 10 September 2018 - 13:03 WIB
Pemprov DKI Sudah Terbitkan 608 Izin Usaha Mikro Kecil untuk OK OCE
Pemprov DKI Sudah Terbitkan 608 Izin Usaha Mikro Kecil untuk OK OCE
A A A
JAKARTA - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan 1.161 izin usaha mikro dan kecil (IUMK) hingga awal September 2018. Sebanyak 52,4 persen atau 608 IUMK merupakan UMK yang tergabung dalam gerakan One Kecamatan, One Centre for Entrepreneurship (OK OCE).

Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi mengatakan, jumlah IUMK dari usaha mikro dan kecil yang tergabung OK OCE terus bertambah setiap harinya. Selain itu, beberapa bulan terakhir para anggota OK OCE juga mulai mengurus perizinannya di PTSP.

“Kami menjamin kemudahan dalam pengurusan IUMK. Jika seluruh persyaratan benar dan lengkap, IUMK dapat diterbitkan maksimal satu hari kerja.Urus Izin usaha mikro dan kecil itu mudah,” kata Edy dalam keterangan diterima iNews.id, Senin (10/9/2018).

OK OCE merupakan program kemandirian terhadap pelaku usaha untuk dapat menjalankan bisnisnya, sehingga diharapkan mampu menciptakan banyak lapangan pekerjaan. Anggota OK OCE dilatih dan diberi pendampingan dalam menjalankan dan memasarkan usahanya.

Adapun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub non-aktif Sandiaga Uno menargetkan ada 200.000 wirausahawan baru dalam lima tahun ke depan sejak dilantik 16 Oktober 2017. Artinya, Anies-Sandiaga menargetkan rata-rata tiap tahun harus ada 40.000 wirausahawan baru yang ditelurkan dari program OK OCE.

Edy menuturkan, adanya anggota OK OCE yang memulai usaha, DPMPTSP mengeluarkan IUMK. Namun, IUMK baru akan diberikan ketika kegiatan usahanya sudah diyakini dapat dijalankan.

Sementara itu, Edy mengatakan, total nilai investasinya dari 1.161 IUMK yang telah diterbitkan sebesar Rp25,8 miliar. Penerbitan izin usaha mikro itu juga telah membuka lapangan kerja sebanyak 2.337 tenaga kerja.

DPMPTSP Jakarta mencatat wilayah dengan jumlah IUMK diterbitkan terbanyak berada di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu sebanyak 255 IUMK dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 480 orang dan total nilai investasi sebesar Rp3,7 miliar.

Sementara untuk total nilai investasi tertinggi di Jakarta Barat sebesar Rp7,4 miliar dengan total IUMK sebanyak 178 dan memberikan lapangan pekerjaan kepada 457 orang tenaga kerja.

"Beberapa bulan terakhir, IUMK menjadi primadona perizinan di UP PTSP Kelurahan, yakni tercatat sebanyak 1.161 IUMK berhasil diterbitkan oleh UP PTSP Kelurahan,” tutur Edy.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5896 seconds (0.1#10.140)