Jelang Festival Kali Besar, Taman Apung Dipercantik

Rabu, 29 Agustus 2018 - 10:23 WIB
Jelang Festival Kali Besar, Taman Apung Dipercantik
Jelang Festival Kali Besar, Taman Apung Dipercantik
A A A
JAKARTA - Menjelang Festival Kali Besar, kawasan Taman Apung dipercantik, Rabu (29/8/2018). Pembersihan dilakukan bersama puluhan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar).

Pantauan KORAN SINDO, sejak pagi tadi, Lurah Pinangsia, Ilham Agustian telah membersihkan lokasi di kawasan ini. Bekas bekas kopi yang menempel di batu disikat.

Termasuk line cross atau jalur disabilitas. Penyikatan dilakukan disepanjang 500 meter jalan itu. Usai menyikat dan menyapu, sisa-sisa sabun kemudian dibilas menggunakan air pemadam dari satu unit mobil damkar, kawasan Kali Besar rapih dan bersih.

Ilham sengaja melakukan pembersiahan sejak pagi agar kawasan ini bisa siap esok hari. Karena itu dengan mengerahkan petugas PPSU, pembersihan dilakukan serempak.

"Kalau sore ntar keburu capek," ucap Ilham sembari menjelaskan waktu pagi merupakan waktu yang tepat untuk bersih-bersih.

Festival Kali Besar bertema 'Batavia In The Past' akan dilakukan mulai Kamis 30 Agustus hingga Sabtu, 1 September 2018 di kawasan Taman Apung, Kali Besar, Jakarta Barat. Carnaval dan Bazzar murah akan diadakan saat acara.

"Karnaval akan mulai jam 2 siang, dan bazzar dari jam 10 pagi-10 malam," tuturnya sembari mengatakan festival ini sekaligus untuk memperkenalkan destinasi wisata baru yang ada di wilayah Jakarta Barat.

Camat Taman Sari Firman Ibrahim menjelaskan, momentum Asian Games menjadi waktu yang tepat dalam kegiatan ini. Terlebih sejak dibuka oleh Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno beberapa waktu lalu, acara di Kali Besar nyaris tidak ada.

"Selain itu juga dalam rangka memeriahkan Asian Games 2018 dan juga Peringatan HUT RI ke 73," ujarnya.

Dalam karnaval nantinya, kegiatan akan dimulai
start Jalan Kali Besar Barat-Jalan Kunir-Lorong Imigrasi-Taman Fatahillah-Lorong Pekojan/Megarasa-Finish di Kali Besar Timur. 250 orang akan tumpah ruah dan meramaikan kegiatan ini, mulai dari Marching Band, Paguyuban Jamu Gendong, Marawis, hingga sepeda onthel.

Kasudin Pariwisata dan Budaya Jakarta Barat, Linda Enriany mengatakan persiapan menyambut festival ini telah maksimal. Rapat koordinasi yang dilakukan semua pihak membuat persiapan kian matang.

Untuk konsep acara, lanjut Linda, panggung besar akan ada di kawasan ini. Selain itu, akan ada Lomba Jamu yang di ikuti oleh 20 finalis, menyajikan rempah-rempah kuliner.

Hal ini untuk mengajak pengunjung acara menikmati suasana batavia lama. Apalagi jaman dulu Jakarta pernah menjadi tempat untuk menyimpan rempah rempah sebelum dikirim ke negara Eropa.

Sementara untuk hiburan akan ada band Betawi seperti VOC band, SUEB band, Keroncong Tugu dan lainnya. Linda berharap kegiatan itu akan menarik minat pengunjung.

"Jadi ini masuk program unggulan. Sebelumnya kita pernah di Pecinan bulan Maret lalu. Sekarang di Kali Besar," tuturnya sembari mengaharapkan wisatawan menjadi terhibur.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6720 seconds (0.1#10.140)