Warga Tak Perlu Datang, Daging Kurban Masjid Istiqlal Diantar Langsung

Rabu, 22 Agustus 2018 - 15:10 WIB
Warga Tak Perlu Datang, Daging Kurban Masjid Istiqlal Diantar Langsung
Warga Tak Perlu Datang, Daging Kurban Masjid Istiqlal Diantar Langsung
A A A
JAKARTA - Puluhan hewan kurban Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah akan dipotong di Masjid Istiqlal, Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasang Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, sore ini. Setelah pemotongan selesai, daging kurban diantar langsung kepada masyarakat yang berhak menerima.

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah, menyebutkan, panitia kurban Masjid Istiqlal akan membagikan daging kurban kepada sekitar 5 ribu mustahik atau orang yang berhak menerima zakat.

Pembagian akan dilakukan seusai dilakukan pemotongan dan diprioritaskan kepada wilayah yang berdekatan dengan Masjid Istiqlal. (Baca juga: Puluhan Hewan Kurban Dipotong di Masjid Istiqlal Sore Ini)

"Mustahik kami perkiraan dengan jumlah hewan seperti ini mungkin kurang lebih 5 ribu atau bisa saja lebih dari 5 ribu mustahik yang mendapat daging kurban. Pastinya disesuaikan dengan jumlah daging. Tahun lalu itu sekitar 5 ribu-6 ribu (mustahik)," ujar Abu Hurairah di Masjid Istiqlal, Rabu (22/8/2018).

Untuk penerima hewan kurban, pihaknya memperioritaskan para mustahik yang berada di lingkungan Masjid Istiqlal, seperti Gang Kingkit, Pasar Baru, Sawah Besar, Gang Wahidin, Pejambon, Tanah Abang, Kemayoran, dan Senen.

Masjid Istiqlal sengaja menyerahkan langsung hewan kurban itu kepada masyarakat agar lebih manusiawi. Artinya, tidak lagi menyulitkan masyarakat untuk datang ke Masjid Istiqlal. Apalagi berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, banyak masyarakat dari luar kota yang datang ke Masjid Istiqlal hanya sekadar untuk menerima daging kurban.

"Datangnya bukan hanya dari sekitar Jabodetabek. Bahkan kalau dulu, 5-6 tahun lalu itu, ada yang dari Cikarang datang ke sini. Kalau sekarang kami balik dan diprioritaskan bagi masyarakat bertetangga sekitar. Lebih bagus lebih nyaman, dan masyarakat juga puas," tandasnya.

Adapun daging kurban itu akan dibagikan sebanyak satu kilogram kepada setiap kepala keluarga. Terdapat sebanyak 100 panitia untuk membantu membagikan hewan kurban itu. Daging tersebut akan diantar kepada penerima melalui kordinator di tingkat Kelurahan, RW, dan RT, yang memang sudah didata oleh pihak Masjid Istiqlal.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6590 seconds (0.1#10.140)