Kemenhub Akui Bangunan yang Terbakar Merupakan Gedung Tua

Senin, 09 Juli 2018 - 16:33 WIB
Kemenhub Akui Bangunan...
Kemenhub Akui Bangunan yang Terbakar Merupakan Gedung Tua
A A A
JAKARTA - Penyebab kebakaran yang menimpa Gedung Karya di Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta Pusat yang memakan tiga korban jiwa masih terus diselidiki. Kendati begitu, Kemenhub mengakui gedung itu memiliki sistem keamanan yang baik walau gedungnya sudah tua.

"Kami katakan bahwa gedung ini telah didesain secara baik dan benar tentunya walupun sudah cukup tua," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan di kantor Kemenhub, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018).

Meskipun termasuk gedung tua, sistem keamanan dan struktur gedung masih terawat dan berfungsi dengan baik. "Semua baik alarm maupun yang bersifat struktur keselamatan sudah berjalan dengan baik," lanjutnya. (Baca: Kebakaran di Kemenhub Diduga Berasal dari Lantai 1 )

Selain itu, Kemenhub juga selalu memberikan edukasi kepada pegawainya perihal cara evakuasi yang baik ketika terjadinya kebakaran. Namun, ia enggan menjelaskan ketika ditanyai lebih detail soal latihan evakuasi itu digelar berapa kali dalam setahun.

"Kita pun mengadakan suatu pelatihan latihan evakuasi apabila terjadi sesuatu bahaya ataupun kebakaran ini adalah bagian suatu tragedi musibah yang tidak bisa hindarkan," ujarnya.

Saat ini, aparat kepolisian masih melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Para pegawai Kemenhub pun tak ada yang berkantor di lokasi kebakaran. Mereka dipindahkan ke gedung yang berada di Jalan Medan Merdeka Timur dan Kemayoran, Jakarta Pusat.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)