Tol Bocimi Pangkas Waktu Perjalanan Hingga 1 Jam

Selasa, 03 Juli 2018 - 14:39 WIB
Tol Bocimi Pangkas Waktu Perjalanan Hingga 1 Jam
Tol Bocimi Pangkas Waktu Perjalanan Hingga 1 Jam
A A A
BOGOR - Pengoperasian Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada arus mudik dan balik Lebaran 2018 mampu memangkas waktu perjalanan mulai dari 50 menit sampai 1 jam.

Kapolres Bogor AKBP AM Dicky mengatakan, Tol Bocimi Seksi l jalur yang membentang dari Ciawi ke Cigombong dengan jarak sekitar 15 kilometer memangkas waktu perjalanan hingga 50 menit. “Jika melalui jalur nasional (nontol) Jalan Raya Ciawi-Sukabumi (Mayjen H.E Sukma) perlu waktu satu jam, tapi melalui jalan tol ini dipangkas menjadi 15 menit bahkan kurang,” katanya.

Dia mengatakan, untuk melintasi jalur mudik Tol Bocimi Seksi l dengan kecepatan 40-50 km/jam waktu tempuh bisa kurang dari 20 menit bahkan 15 menit. Menurutnya, jalur tol yang memiliki tiga pintu keluar-masuk, yakni di Ciawi KM 1+300, Caringin KM 6+300, dan Cigombong KM 15+300 memang sudah sangat layak difungsikan.

“Kondisi jalan pasti bagus, ada ramburambu, tapi memang masih terbatas meski sudah dipasang, seperti lampu-lampu, rambu-rambu, dan banner ,” katanya.

Berdasarkan data PT Trans Jabar Toll (TJT), pengelola Tol Bocimi, jumlah kendaraan yang beralih dari Jalan Raya Mayjen HE Sukma ke Tol Bocimi Seksi I saat mudik Lebaran se ba nyak 30.000 unit per hari. Pihaknya mengakui saat difungsikan untuk para pemudik masih banyak pengendara terjebak dan tersesat dalam kemacetan parah di simpang Ciawi. Karena itu, pihaknya sempat memasang banner dan rambu penunjuk arah di sejumlah ruas jalan.

Saat KORAN SINDO menjajal Tol Bocimi Seksi I pada H-4 Lebaran, secara keseluruhan fisik badan jalan memang sudah hampir rampung 100%. Hanya ada beberapa titik yang belum teraspal sebagian badan jalannya, khususnya ruas Sukabumi menuju Ciawi.

“Saya akui adanya ruas tol ini dipastikan kemacetan berkurang yang setiap hari terjadi di simpang Ciawi. Bahkan terasa cepat, yang semula 45 menit dari Ciawi ke Cigombong, saat difungsikan Lebaran kemarin kurang dari 15 menit sudah sampai,” ujar Asep Supriyadi, 45, warga Cigombong, Kabupaten Bogor, kemarin.

Koordinator Humas dan Keamanan, Ketertiban, Kebersihan (K3) PT Waskita Hendra Hermawan saat dikonfirmasi menuturkan hingga saat ini pihaknya masih fokus menggeber penyelesaian seksi I.

“Kurang lebih (progres pembangunan Tol Bocimi Seksi I) sudah hampir selesai 100%,” kata Hendra Pihaknya optimistis seluruh permasalahan kemacetan di tiga daerah, yakni Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Sukabumi dapat terurai.

Seperti tahap I ini, khususnya di Paket I (Ciawi-Ciherang Pondok, Caringin) dapat meminimalisasi kemacetan di simpang Ciawi.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bogor Edy Wardana mengungkapkan, berdasarkan evaluasi saat difungsikannya Jalan Tol Bocimi pada Hari Raya Idul Fitri tahun ini kemacetan yang kerap terjadi di jalur reguler Bocimi berkurang hingga 20% lebih.

“Dengan adanya Tol Bocimi ini, pastinya mengurai kemacetan minimal 20% atau memperpendek waktu tempuh Bogor-Sukabumi 1 hingga 1,5 jam lebih cepat dari perkiraan total waktu tempuh 6 jam,” katanya. (Haryudi)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4005 seconds (0.1#10.140)