Mudik Lebaran, Dinkes Tangsel Dirikan 5 Posko Kesehatan

Senin, 28 Mei 2018 - 10:57 WIB
Mudik Lebaran, Dinkes Tangsel Dirikan 5 Posko Kesehatan
Mudik Lebaran, Dinkes Tangsel Dirikan 5 Posko Kesehatan
A A A
TANGERANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan 29 puskesmas dan 9 rumah sakit rujukan untuk persiapan posko kesehatan arus mudik dan balik Lebaran.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Suhara Manulang mengatakan, Dinkes Tangsel siap menghadapi persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Kami siap. Posko-posko kesehatan akan dikomandoi oleh dinkes. Kami juga mengerahkan tenaga dokter dari RS dan puskesmas," kata Suhara kepada KORAN SINDO, di RSUD Tangsel, Senin pagi.

Sedikitnya ada lima posko kesehatan yang akan didirikan oleh Dinkes. Masing-masing posko itu, akan dijaga oleh satu orang dokter umum, dua perawat, dan satu unit mobil ambulans yang selalu siap siaga.

"Kita sudah membuat jadwal, ada 29 puskesmas. Posko yang dibuka ada lima. Di Pamulang Square, Flyover Ciputat, WTC, dan Giant Bintaro atau Pasar modern, dekat polres yang lama," sambungnya.

Kepala Sekai Pelayanan Kesehatan Primer Dinkes Tangsel Ardi Purnawan menambahkan, posko kesehatan akan mulai dibuka, mulai H-4 hingga H+9.

"Mulai H-4 sampai H+9 posko kesehatan akan mulai dibuka. Kita juga sudah menyiapkan 43 ambulans puskesmas, dan 9 RS rujukan. Karena posko ini hanya melayani kesehatan dasar," sambungnya.

Selama libur Lebaran, ruang rawat inap puskesmas dan UGD RS tetap buka 24 jam. Saat ini, sedikitnya ada 20 puskesmas yang sudah punya rawat inap.

"Selain posko, kita juga akan melakukan pemeriksaan rutin kepada pengemudi atau sopir bus. Jadi kita akan jemput bola ke po-po yang ada di tangsel. Kita periksa kesehatan sopirnya," pungkas Ardi.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6806 seconds (0.1#10.140)