Bina Marga DKI Diduga Lalai, Lubang Jalan Sebabkan Mobil Terperosok

Minggu, 27 Mei 2018 - 19:50 WIB
Bina Marga DKI Diduga...
Bina Marga DKI Diduga Lalai, Lubang Jalan Sebabkan Mobil Terperosok
A A A
JAKARTA - Satu minibus yang dikemudikan Januar Nurman Setiwan (61), terperosok ke lubang di Jalan Susilo, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Minggu (27/5/2018). Belakangan diketahui lubang tersebut merupakan salah stau proyek yang tengah dikerjakan Dinas Bina Marga DKI Jakarta

Kasatlantas Jakarta Barat, AKBP Ganet Sukoco mengatakan, kejadian ini bermula saat pemilik kendaraan Nurman hendak memakirkan kendaraanya. Karena pada saat kejadian hujan cukup deras dan menutupi lubang, sementara lubang tak dikasih pembatas, membuat mobil akhirnya terperosok.

“Kejadian ini membuat mobil menjadi ringsek,” kata Ganet kepada wartawan, Minggu (27/5/2018) sore. Proses evakuasi kendaraan tersebut menggunakan alat berat berupa eskavator dan mobil derek.

Kasudin Bina Marga Jakarta Barat, Riswan Efendi mengakui proyek tersebut merupakan milik Dinas Bina Marga bidang KPJJU. Riswan pun enggan berkomentar lebih terhadap kejadian ini maupun proyeknya.

Terpisah, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal mengakui bila lubang itu tidak termonitor maupun terawasi.
“Belum sempat dipageri. Lubang tak termonitor," kata Yusmada.

Menurut Yusamada, lubang itu sebenarnya bagian dari penyiapan manhole utilitas yang merupakan proyek Dinas Bina Marga DKI. Proyek itu masih berlangsung dan baru proses membersihkan tanah-tanah galian.

Terkait soal terjadinya korban, Yusmada menyesalkan kejadian ini. Dia menyebutkan bahwa kontraktor mengindahkan keselamatan di lokasi. Karena itu proses tanggaung jawab akan diselesaikan oleh pihak kontraktor yang membuat lubang.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)