Cegah Terorisme, Masyarakat Perkotaan Jangan Cuek dengan Orang 'Asing'

Rabu, 16 Mei 2018 - 10:55 WIB
Cegah Terorisme, Masyarakat Perkotaan Jangan Cuek dengan Orang Asing
Cegah Terorisme, Masyarakat Perkotaan Jangan Cuek dengan Orang 'Asing'
A A A
JAKARTA - Masyarakat harus lebih meningkatkan kewaspadaannya terhadap orang asing yang ada di lingkungan sekitar untuk mengurangi aksi serangan terorisme yang belakangan terjadi.

"Masyarakat perlu waspada terhadap orang yang tidak dikenal yang masuk ke lingkungannya," kata Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Sigit Rochadi ketika dihubungi wartawan, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Menurut Sigit, hal itu harus menjadi catatan, khususnya untuk masyarakat Ibu Kota DKI Jakarta. Sigit berujar, tipikal warga Kota Metropolitan cenderung cuek dengan fenomena di lingkungan sosial sekitarnya.

"Silaturahmi antartetangga dan teman sekantor serta karyawan yang kantornya berdekatan perlu dilakukan. Orang kota biasanya asyik dengan diri sendiri, apa lagi jika memegang gadget (gawai)," ucap Sigit.

Sigit berpandangan dengan maraknya aksi terorisme, masyarakat juga harus sedikit meningkatkan kewaspadaannya ketika berada di tempat pusat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, perkantoran dan tempat ibadah.

Menurutnya, aparat kepolisian harus meningkatkan pengamanan dan keamanan di titik-titik konsentrasi massa untuk saat ini. Kendati begitu, Sigit menegaskan, masyarakat harus tenang dan jangan panik menghadapi situasi saat ini.

"Masyarkat harus berperan aktif untuk melapor kepada pihak berwajib jika melihat pergerakan orang yang mencurigakan," tutup Sigit.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4583 seconds (0.1#10.140)