Uji Coba Underpass Matraman, Dishub Lakukan Rekayasa Lalu Lintas

Senin, 09 April 2018 - 21:05 WIB
Uji Coba Underpass Matraman, Dishub Lakukan Rekayasa Lalu Lintas
Uji Coba Underpass Matraman, Dishub Lakukan Rekayasa Lalu Lintas
A A A
JAKARTA - Uji coba Underpass Matraman-Salemba akan dilakukan pada Selasa 10 April 2018 sekitar pukul 06.00 WIB. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memberitahukan rute uji coba pengalihan arus lalu lintas di underpass tersebut.

Kendaraan dari arah Jalan Matraman bisa berbelok kanan di underpass menuju ke arah Jatinegara. Terdapat sejumlah perubahan arus lalu lintas terkait penyesuaian penggunaan underpass tersebut. (Baca Juga: Masih Ditutup, Underpass Matraman Besok Baru Diuji Coba
Berikut rekayasa lalu lintasnya di sekitar Underpas Matraman:

1. Pengaturan Lalu Lintas di Simpang Matraman (Jalan Salemba Raya-Jalan Matraman Dalam)

a. Arus lalu lintas pada Flyover Matraman yang semula diberlakukan sistem pengaturan lalu lintas dengan pembagian waktu (arah Utara atau Jalan Salemba Raya-arah Timur atau Jalan Pramuka) akan diberlakukan kembali seperti kondisi awal (arah Timur atau Jalan Pramuka-Utara atau Jalan Salemba Raya).

b. Arus lalu lintas dari arah Jatinegara menuju Senen dan Pramuka yang semula dialihkan melalui Jalan Matraman Dalam-Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro-Jalan Salemba Raya-dst akan diberlakukan kembali seperti kondisi awal (pada saat open traffic, dapat lurus ke arah Senen dan belok kanan ke arah Pramuka).

2. Pengaturan di Simpang Metropole (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro)

a. Akan dilakukan penyesuaian terhadap fase dan waktu siklus (cycle time) lampu lalu lintas di Simpang Metropole.

b. Pada ruas Jalan Proklamasi mulai dari Simpang Metropole sampai dengan Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran akan diberlakukan sistem satu arah dari Utara (Simpang Metropole) menuju Selatan (Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran, sedangkan dari mulai Simpang Jalan Proklamasi-Jalan Penataran sampai dengan Simpang Jalan Tambak diberlakukan lalu lintas dua arah.

c. Jalan Penataran yang semula dua arah akan diberlakukan sistem lalu lintas satu arah ke Utara (Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro).

d. Arus lalu lintas dari Jalan Mangunsarkoro diberlakukan larangan belok kanan.

e. Arus lalu lintas dari arah Manggarai yang akan menuju ke arah Barat atau Timur (Jalan Diponegoro) melalui Jalan Proklamasi-Jalan Penataran-Jalan Diponegoro.

f. Arus lalu lintas dari arah Manggarai yang akan menuju Pramuka atau Jatinegara belok kanan di simpang Tambak melalui Jalan Matraman Dalam-masuk underpass (lurus ke Pramuka dan kanan ke Jatinegara), sedangkan arus lalu lintas yang akan menuju Menteng atau Jalan Diponegoro melalui Jalan Proklamasi-Jalan Penataran-lurus ke arah Menteng, belok kanan ke RSCM dan belok kiri ke Imam Bonjol.

g. Arus lalu lintas dari arah Menteng yang akan menuju Pramuka atau Jatinegara melalui Jalan Proklamasi - Jalan Matraman Dalam-masuk Underpass Matraman, dan seterusnya.

h. Arus lalu lintas dari arah Imam Bonjol yang akan menuju Pramuka atau Jatinegara melalui belok kanan di simpang Metropole-Jalan Proklamasi-Jalan Matraman Dalam-Underpass Matraman, dan seterusnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6924 seconds (0.1#10.140)