Jenguk Petugas Damkar, Komunikasi Anies Dijawab Kedipan Mata Rivai

Jum'at, 30 Maret 2018 - 20:03 WIB
Jenguk Petugas Damkar, Komunikasi Anies Dijawab Kedipan Mata Rivai
Jenguk Petugas Damkar, Komunikasi Anies Dijawab Kedipan Mata Rivai
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk M Rivai Hadi petugas pemadam kebakaran (damkar) DKI Jakarta yang cedera saat memadamkan kebakaran di Taman Kota, Kembangan, Jakarta Barat, Kamis 29 Maret 2018 malam.

"Baru saja menengok petugas kebakaran yang mengalami luka bakar ketika tadi malam melakukan operasi penyelamatan kebakaran di Kembangan. Namanya M Rivai panggilanya Rivai," ujar Anies di RSCM Kencana, Jakarta, Jumat (30/3/2018).

Anies menuturkan, saat menjenguk di ruangan ICU, dokter menjelaskan Rivai mengalami luka bakar sekitar punggung belakang, hingga kaki bagian belakang. Luka bakar Rivai, kata Anies masuk dalam kategori luka bakar tengah dan dalam.

"Rivai saya sempat lihat ditemani dengan dokter di ruangan ICU. Dokter tadi menjelaskan mengalami luka bakar terutama di sekitar punggung, belakang hingga sampai ke kaki bagian belakang," kata Anies.

Mantan Mendikbud ini menambahkan, karena luka bakar Rivai masuk kategori luka bakar dan luka tengah, dokter sudah melakukan operasi cangkok kulit selama empat jam. Adapun kondisi Rivai masih dalam tahap pemulihan pasca-operasi.

"Dari sisi luka bakarnya ada kategori luka bakar luar tengah dan dalam. Yang dialami Rivai ini adalah tengah dan dalam dan diambilkan kulit dibagian lain untuk dicangkok. Proses operasi tadi sudah dilakukan selama empat jam alhamdulillah berjalan baik sesuai dengan rencana dan sekarang fase recovery pasca operasi," tuturnya.

Anies pun sempat berkomunikasi dengan Rivai setelah dilakukan operasi meski hanya dibalas dengan kedipan mata.

"Ketika saya masuk saya bisa komunikasi dengan Rivai menjawabnya dengan kedipan mata, sadar karena ada alat yang dimasukan di mulut, sehingga dia nggak bisa menggunakan lisannya. Tapi kondisinya sadar dan secara medis menurut dokter insyaAllah optimis bisa recover tapi perlu waktu. Tadi kata dokter sekitar dua sampai tiga bulan seluruhnya akan pulih," tutupnya. (Baca Juga: Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran Taman Kota Kembangan
Sebelumnya diberitakan, dua petugas Suku Dinas Damkar Jakarta Barat terkena luka bakar saat bertugas memadamkan api di Jalan Perumahan Taman Kota Blok A1 Kelurahan Kembangan Utara, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Kamis kemarin sekitar pukul 18.52 WIB.

Keduanya adalah M Rivai Hadi dan Novi Rahman. Rivai mengalami luka bakar 60 persen dan Novi mengalami luka bakar 20 persen.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4608 seconds (0.1#10.140)