Ratusan Siswa SDIT Ikuti Simulasi Gempa Bumi dan Kebakaran

Kamis, 22 Maret 2018 - 16:05 WIB
Ratusan Siswa SDIT Ikuti Simulasi Gempa Bumi dan Kebakaran
Ratusan Siswa SDIT Ikuti Simulasi Gempa Bumi dan Kebakaran
A A A
TANGERANG - Tim Disaster Risk Management (DRM) PKPU Human Initiative menyelenggarakan “Edukasi dan Simulasi Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran” di SDIT Auliya, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Kegiatan ini melibatkan lebih dari 700 siswa-siswi, guru-guru dan perwakilan komite sekolah dengan tujuan membangun generasi sadar bencana.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari program kerja komite sekolah dan sekolah serta dalam rangka mempersiapkan seluruh stakeholder untuk mengurangi risiko dampak yang mungkin akan terjadi,” kata Dian Kenamon, Kordinator Program Pengurangan Risiko Bencana PKPU Human Initiative.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini yakni Senin 19 2018 dan Selasa 20 Maret 2018 ini merupakan langkah kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Sejumlah guru dan siswa nampak antusias mengikuti simulasi kebakaran ini.

Di hari pertama, anak-anak mendapatkan edukasi pengenalan bencana oleh Tim DRM PKPU Human Initiative. Kemudian dilanjutkan edukasi kepada guru-guru dan perwakilan komite sekolah dengan materi yang lebih khusus mengenai bencana gempa bumi dan kebakaran beserta langkah penyelamatan diri serta materi pertolongan pertama untuk tim medis sekolah.

Di hari kedua, dilakukan simulasi gempa bumi dan kebakaran. Dalam melakukan simulasi gempa bumi, sejumlah tim disiagakan dan berperan sesuatu tugasnya masing-masing.

Siswa-siswi diarahkan guru kelas masing-masing untuk tidak panik dan melindungi diri terutama kepala dengan tas dan masuk kebawah meja pada sirine pertama yang menandakan terjadi gempa. Kemudian mereka berjalan dengan tenang dan tertib menuju lapangan terbuka pada sirine kedua yang menandakan gempa telah mereda.

Setelah semua siswa-siswi berkumpul di lapangan, dilanjutkan dengan simulasi kebakaran. Tim Rescue PKPU HI kemudian memberikan simulasi bagaimana cara memadamkan api dengan karung goni dan alat APAR yang baik dan benar.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6839 seconds (0.1#10.140)