Begini Cara Menguji Keaslian Telur

Rabu, 21 Maret 2018 - 06:30 WIB
Begini Cara Menguji Keaslian Telur
Begini Cara Menguji Keaslian Telur
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta telah menegaskan bahwa di Ibu Kota tidak ada peredaran telur palsu. Diketahui sebuah video yang viral melihatkan telur palsu. Dokter Hewan Bambang Triana salah satu petugas di Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Produk Hewan Jakarta mengatakan ada beberapa cara untuk menguji keaslian telur. Pertama, yakni dengan melihat reaksi yang ditimbulkan jika dicampur dengan cairan kimia.

"Untuk mengetahui bahwa itu (mengandung) protein apa tidak, kita akan lakukan dengan tes menggunakan alkohol 96% . kalau itu positif pada hal ini, berarti itu adalah tidak palsu," kata Bambang, di Kramat Jati Jakarta Timur, Selasa (20/3/2018).

Dia melanjutkan, apabila ingin mengetahui telur tersebut dapat dilihat dari ada atau tidaknya rongga udara. Jika ada rongga udara pada sebuah telur, dapat dipastikan telur tersebut merupakan telur asli.

"Kemudian juga untuk candling itu untuk mengetahui bahwa di sana ada rongga udara. kemudian ada kuning telur kemudian ada putih telur. kalau memang itu di palsukan, tentunya tidak akan ditemukan adanya rongga udara," ujarnya.

Selain itu dapat dilihat juga pada kuning telur tersebut. Apabila memiliki titik berwarna putih, bisa dipastikan itu adalah telur ayam asli. Karena titik putih tersebut merupakan embrio yang selanjutnya akan berkembang menjadi anak ayam.

Bambang menambahkan, untuk telur yang beredar di Ibu Kota, pihaknya telah melakukan pengujian dengan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) yang merupakan tes DNA pada telur yang diduga palsu. Selama pengujian dengan sampel yang diambil di pasar-pasar, tidak ada yang dinyatakan sebagai telur palsu

"Kita lakukan tes PCR. yaitu jenis DNA. di dalam jenis DNA itu, telur apabila memang bukan asli maka akan ditemukan hasil negatif. Ini kita uji yang tadi saya sampaikan dari Pasar Johar, positif ayam kualitas AA bagus sekali," tuturnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7666 seconds (0.1#10.140)