Hilangkan Jejak, Pelaku Skimming Kerap Berpindah Tempat

Sabtu, 17 Maret 2018 - 14:32 WIB
Hilangkan Jejak, Pelaku Skimming Kerap Berpindah Tempat
Hilangkan Jejak, Pelaku Skimming Kerap Berpindah Tempat
A A A
JAKARTA - Lima pelaku penguras dana nasabah bank melalui skimming di mesin ATM diketahui kerap berpindah-pindah tempat. Hal itu mereka lakukan untuk menghilangkan jejak dari perbuatan jahatnya.

"Para pelaku skimming ini melakukan aksinya sejak Oktober 2017 lalu dan di sejumlah lokasi berbeda-beda, seperti Bali, Lombok, Yogyakarta, Jakarta, dan beberapa wilayah lainnya di Indonesia," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Nico Afinta kepada wartawan, Sabtu (17/3/2018).

Menurut dia, para pelaku sengaja melakukan aksinya dengan cara berpindah-pindah atau berkeliling Indonesia demi mengaburkan perbuatan jahatnya itu. (Baca:Polisi Ringkus 5 Pelaku Skimming Uang Nasabah Bank)

Nico pun meminta masyarakat agar lebih berhati-hati sehingga tidak menjadi korban. Salah satunya dengan cara memencet PIN sambil menutupinya agar tak terlihat siapapun, termasuk kamera.

"Apabila menemukan ada alat mencurigakan laporkan ke polisi. Bila ada orang terlalu lama di mesin ATM, minta sekuriti untuk mengingatkannya atau menegurnya," katanya. (Baca juga: Lima Cara Menghindari Pembobolan Kartu ATM )
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6334 seconds (0.1#10.140)