Pertama di Asia Tenggara, Domestic Fire Station Dikelola Bandara Soetta

Jum'at, 16 Maret 2018 - 11:31 WIB
Pertama di Asia Tenggara, Domestic Fire Station Dikelola Bandara Soetta
Pertama di Asia Tenggara, Domestic Fire Station Dikelola Bandara Soetta
A A A
TANGERANG - Setiap gedung pasti berpotensi terjadi kebakaran, tak terkecuali kawasan bandara. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran di sisi darat, PT Angkasa Pura II (Persero) membangun gedung Domestic Fire Station di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Gedung ini terletak persis di lokasi strategis yang dapat menjangkau seluruh area dengan respons time mengikuti standar pemerintah.

Operation and Service Executive Manager Bandara Soekarno-Hatta, Djody Prasetyo, menjelaskan, main fire station atau markas pertolongan kecelakaan penerbangan dan pemadam kebakaran (PKP-PK) yang berada di sisi udara memiliki peruntukan untuk melindungi berbagai peristiwa yang ada di lapangan terbang.

“Agar tidak mengurangi pelayanan terhadap aircraft crash, kami membangun domestic fire yang peruntukannya berbeda, yakni lebih kepada melindungi kawasan bandara dari sisi darat,” tutur Djody seusai peresmian Domestic Fire Station oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin, Jumat (16/3/2018).

Sama halnya dengan main fire station, Domestic Fire Station juga didukung dengan peralatan komunikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan penanggulangan keadaan gawat darurat, seperti radio, trunking system, handy talky, telephone, dan crash bell. (Baca: Asap Mengepul di Terminal 2D Bandara Soetta)

Domestic Fire Station juga didukung empat armada kendaraan yang masing-masing memiliki spesifikasi yang berbeda. Dua di antaranya memiliki kemampuan untuk menampung air berkapasitas 5.000 liter air dan 500 liter foam (busa). Sementara dua lainnya memiliki kemampuan dapat menampung 8.000 liter air dan 500 liter foam.

“Dengan jumlah personel yang memadai. Kami juga menempatkan personel domestic fire di setiap Terminal dan Kargo untuk melakukan pemadaman tingkat awal. Hal ini juga kami lakukan untuk membantu petugas pemadam dari pemerintah daerah pada saat terjadi kebakaran di sekitar bandara," katanya.

Dalam waktu dekat ini, satu stasiun yang baru juga sudah siap dioperasikan. Dengan demikian, kehadiran Domestic Fire Sation diharapkan dapat bekerja secara efektif menangani kecelakaan penerbangan.

Kehadiran Domestic Fire Station di Bandara Soekarno-Hatta ini merupakan fire station pertama di Asia Tenggara. Tentunya ini melengkapi fasilitas dalam mendukung kegiatan keselamatan penerbangan, khususnya di sisi darat bandara.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6670 seconds (0.1#10.140)