Seminggu, Pengemis di Vihara Petak Sembilan Dapat Jutaan Rupiah

Jum'at, 16 Februari 2018 - 18:01 WIB
Seminggu, Pengemis di Vihara Petak Sembilan Dapat Jutaan Rupiah
Seminggu, Pengemis di Vihara Petak Sembilan Dapat Jutaan Rupiah
A A A
JAKARTA - Tidak hanya diramaikan oleh pedagang tradisional, Vihara Dharma Bhakti juga dipenuhi oleh pengemis untuk mendapatkan angpao. Bahkan, mereka rela menunggu sejak tiga hari lalu di vihara yang terletak di Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat.

Meski demikian, mereka tidak hanya datang dari wilayah Jakarta tapi juga dari daerah penyangga ibu kota seperti Tangerang dan Bogor.

Bahkan, saking niatnya mereka datang dilakukan dengan mendirikan tenda dan payung untuk bermalam. Halaman klenteng yang di luar mendadak menjadi penuh sesak karena pengemis.

Tak hanya ibu-ibu dan bapak-bapak, pengemis yang datang juga serta merta membawa anak-anaknya. Mereka kemudian bermain dan berguling di atas halaman yang kotor dan penuh sampah.

Penjaga klenteng dibuat kerepotan dengan penuhnya pengemis. Mereka kemudian berjaga jaga agar pengemis tidak masuk ke klenteng.

"Kita larang supaya mereka tak mengganggu umat yang khusyuk bedo," ucap Willy salah seorang penjaga vihara di lokasi, Jumat (16/2/2018).

Seorang pengemis, Rini (57), mengaku sengaja datang dari Lebak, Tangerangm Banten, untuk memanfaatkan moment Imlek. Dibandingkan dengan klenteng di Tangerang, perayaan di Vihara Dharma Bhakti jauh lebih semarak.

Umat berdoa tak pelit, mereka kerap datang berdoa dan menebar angpao. "Kalau di sini saja seminggu bisa dapat jutaan (rupiah)," katanya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)
pixels