Pengamat Sarankan DKI Tingkatkan Kualitas Angkutan Umum

Senin, 12 Februari 2018 - 21:31 WIB
Pengamat Sarankan DKI Tingkatkan Kualitas Angkutan Umum
Pengamat Sarankan DKI Tingkatkan Kualitas Angkutan Umum
A A A
JAKARTA - Ketua FAKTA Azas Tigor Nainggolan mengatakan, salah satu pengentasan kemacetan yang paling utama adalah peningkatan kualitas angkutan massal di Jakarta. Sehingga, masyarakat Ibu Kota punya pilihan untuk menggunakan angkutan umum.

"Jadi, salah satunya memang mengalihkan pajak kendaraan untuk peningkatan kendaraan umum," katanya ketika dihubungi, Senin (12/2/2018).

Dia menjelaskan, kebijakan tersebut sebenarnya memang cukup ekstrem. Namun, bila pemerintah berani melaksanakan kebijakan tersebut maka bisa dipastikan masyarakat akan ikut mendukungnya.

Dengan adanya peningkatan kualitas kendaraan maka masyarakat juga akan beralih menggunakan kendaraan umum. "Kalau pemerintah berani mengambil kebijakan yang tidak populer itu, kami pastikan kemacetan akan berkurang," tegasnya.

Kebijakan lainnya adalah dengan mengendalikan produksi kendaraan bermotor. Tigor menjelaskan, mulai dari pembatasan usia kendaraan yang beroperasi di Jakarta serta pembatasan kepemilikan kendaraan.

Selain itu, bila ada seseorang yang akan memiliki kendaraan harus mempunyai syarat-syarat tertentu mulai dari SIM hingga garasi. Ditambah lagi, pembatasan memiliki 2 kendaraan juga bisa mengatasi kemacetan.

Pihaknya juga sangat setuju dengan kebijakan dari ditlantas Polda Metro Jaya yaitu dengan meningkatkan penegakan hukum. Karena, saat ini penindakan khususnya yang melanggar jalur bus Transjakarta harus segera ditindak tegas. "Jadi jangan pandang bulu, siapapun yang masuk jalur bus Transjakarta harus ditindak tegas," ujarnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4640 seconds (0.1#10.140)