Sungai Citarum Siaga I, Permukiman Warga Mulai Terendam Banjir

Kamis, 08 Februari 2018 - 01:47 WIB
Sungai Citarum Siaga I, Permukiman Warga Mulai Terendam Banjir
Sungai Citarum Siaga I, Permukiman Warga Mulai Terendam Banjir
A A A
BEKASI - Sejumlah kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terdampak banjir akibat hujan yang terus mengguyur wilayah tersebut. Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak Tagana Kabupaten Bekasi, titik banjir terparah terjadi di Kecamatan Muaragembong, tepatnya di Desa Pantai Bahagia, Harapan Jaya.

Tepat pukul 22.45 WIB, ketinggian air di Sungai Citarum sudah mencapai 120 sentimeter (cm), sehingga statusnya dinaikkan menjadi Siaga I. Meluapnya Sungai Citarum menyebabkan tanggul tidak kuat lagi menahan debit air. Akibatnya, air mulai meluap dan membanjiri permukiman warga di RT 04 RW 01 Kampung Solokan Kendal, Desa Pantai Bahagia, Muaragembong.

"Saat ini air sudah sampai batas ketinggian tanggul di sepanjang aliran sungai. Bahkan sudah ada beberapa yang mulai jebol dan meluap ke rumah-rumah warga. Kondisi saat ini Siaga I Sungai Citarum," ujar petugas Tagana Kabupaten Bekasi Saiful Irohman, Kamis (8/2/2018) dini hari.

Guna mengantisipasi banjir yang semakin parah, warga kemudian mengisi beberapa karung dengan tanah dan ditempatkan di posisi tanggul yang rawan jebol. "Tapi saat ini warga sudah kehabisan karung, padahal masih banyak area yang harus diberikan karung," ujarnya.

Sementara itu, banjir yang tidak kalah parah juga terjadi di Vila Kencana Cikarang, Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya. Air yang membanjiri rumah warga mencapai ketinggian 120 cm.

"Ada tiga blok yang mengalami banjir terparah, yaitu Blok GG, VV, dan L dengan terdampak 480 jiwa dan yang mengungsi 60 jiwa," kata koordinator Tagana Kabupaten Bekasi Karyo.

Sebelumnya, posko pengungsian warga yang ditempatkan di Masjid Anrayan dipindah ke Kantor Desa Sukajadi. Posko pengungsian juga menyediakan dapur umum untuk kebutuhan para pengungsi.

"Sudah tiga hari warga berada di pengungsian. Tapi sejak pukul 19.00 WIB tadi mereka sudah kembali ke rumah masing-masing," paparnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5614 seconds (0.1#10.140)