Ini Tempat untuk Menyaksikan Fenomena Super Moon di Jakarta

Rabu, 31 Januari 2018 - 06:16 WIB
Ini Tempat untuk Menyaksikan Fenomena Super Moon di Jakarta
Ini Tempat untuk Menyaksikan Fenomena Super Moon di Jakarta
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, bahwa pada Rabu, 31 Januari 2018, akan terjadi fenomena super blue blood moon atau supermoon yang bertepatan dengan gerhana bulan total. BMKG merekomendasikan titik-titik untuk melihat fenomena langka tersebut di beberapa tempat di Jakarta.

"Kejadian gerhana bulan total dapat diamati di sebagian besar wilayah Indonesia," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati pada Senin, 29 Januari 2018 kemarin. Menurut, Dwi, fenomena ini merupakan kejadian langka karena akan terulang lebih dari 100 tahun untuk di Amerika.

Sementara wilayah Indonesia 36 tahun (30-31 Desember 1982) sehingga masyarakat diharapkan melihat atau mengamati fenomena ini dan bukan dijadikan sesuatu yang menakutkan.( Baca: Fenomena Super Moon, Anies Instruksikan 3 Dinas untuk Lakukan Ini )

Dwi menambahkan, pengamatan ini dapat dilihat secara ideal dari daerah perbatasan mulai dari perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur hingga daerah yang berada di sebelah barat Sumatera, yaitu melintas di Samudera Hindia yang berada sebelah barat Sumatera yang merupakan zona bulan terbit saat fase gerhana penumbra berlangsung.

"Selain itu, lokasi yang ideal untuk mengamati fenomena ini di Observatorium Boscha (Lembang), Pulau Seribu, Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Planetarium Cikini, Museum Fatahilah, Kampung Betawi, Setu Babakan, serta Bukit Tinggi," lanjutnya.

Selain itu juga dilakukan pengamatan di 21 titik pengamatan hilal. Bahkan, di Makassar dan Jam Gadang Bukit Tinggi pun terdapat event nonton bersama super blue blood moon.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3652 seconds (0.1#10.140)