Banyak Peminat, Imigrasi Jakbar Tambah Kuota Layanan Paspor Sabtu-Minggu

Sabtu, 13 Januari 2018 - 17:27 WIB
Banyak Peminat, Imigrasi Jakbar Tambah Kuota Layanan Paspor Sabtu-Minggu
Banyak Peminat, Imigrasi Jakbar Tambah Kuota Layanan Paspor Sabtu-Minggu
A A A
JAKARTA - Kantor Imigrasi Jakarta Barat menambah jam layanan pembuatan paspor pada Sabtu dan Minggu setiap pekannya. Kebijakan ini untuk membantu masyarakat yang tidak sempat mengurus dokumen keimigrasian pada hari kerja.

Dirlantas Keimigrasian Direktorat Imigrasi Cucu Koswala menjelaskan, tujuan dilaksanakannya pelayanan paspor simpatik akhir pekan ini adalah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

"Kita tahu masyarakat yang tidak sempat mengajukan pembuatan atau perpanjangan paspor pada hari kerja Senin-Jumat karena sibuk dengan urusannya di kantor, berdagang, pelajar, mahasiswa. Itukan sulit sekali bagi mereka meninggalkan tempat atau izin kantornya," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (13/1/2018).

Pihaknya sangat memahami kebutuhan masyarakat karena itulah mengakomodasinya dalam pelayanan ini. "Mereka bisa memanfaatkan layanan ini. Kita juga memahami kebutuhan dari masyarakat. Kita lakukan rutin Sabtu-Minggu," katanya.

Mantan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan ini mengakui, sejak program pelayanan ini dibuka pada pertengahan Desember 2017, minat pemohon paspor sangat tinggi. "Terbukti hari ini ada 200 pemohon yang daftar di Kantor Imigrasi Jakarta Barat. Jadi cukup tinggi," katanya.

Kepala Kantor Imigrasi Khusus Kelas I Jakarta Barat Abdul Rachman mengatakan, jumlah pemohon paspor cukup banyak melebihi kuota yang disediakan. Untuk melayani mereka, pihaknya kemudian menambah kuota.

"Tadikan kuota untuk 100 pemohon tapi karena pemohon yang datang membludak, kita tambah menjadi 200 pemohon. Program ini rencananya sampai 21 Januari, nanti kita lihat perkembangan kalau bagus kita lanjutkan lagi sesuai instruksi pimpinan," ucapnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7739 seconds (0.1#10.140)