Antisipasi Debit Air Laut Meningkat, DKI Perbaiki Tanggul Rusak

Selasa, 02 Januari 2018 - 06:15 WIB
Antisipasi Debit Air...
Antisipasi Debit Air Laut Meningkat, DKI Perbaiki Tanggul Rusak
A A A
JAKARTA - Supermoon yang terjadi di awal 2018, diprediksi akan membuat debit air laut meningkat. Tanpa kesiapan, air bakal mengenangi kawasan utara jakarta dan sekitarnya. Bahkan, BMKG menyebut supermoon telah terlihat di Thailand, dan bisa terpantau di Indonesia pada Selasa (2/1/2018) hingga Rabu (3/1/2018).

Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan mengatakan banjir rob pernah terjadi di kamal muara, pelindo II, Pantai Mutiara, dan Ancol dikarenakan tanggul jebol. Karena itu, perbaikan dilakukan oleh kementrian PUPR dan swasta.

“Bebarapa diantaranya, sudah kami lakukan pengamanan tanggul jebol dengan membuat penahan karung pasir dan kayu dolken,” ucap Teguh.

Pada 2018 nanti, Sumber Daya Air akan melakukan perbaikan secara permanent di lokasi itu, salah satunya NCICD yang di bangun di Pasar Ikan sepanjang 1,2 kilometer sejak 2016.

Dia pun mengakui rob yang terjadi di Jakarta Utara tak sepenuhnya salah tanggul. Sekalipun tanggul terbangun namun banyak tanggul sengaja dilubangi warga untuk saluran limbah. Terhadap itu, SDA telah memutus pipa, dan menambalnya.
(pur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)