Wakil Ketua DPR Tegaskan Reuni 212 Dijamin Konstitusi

Sabtu, 02 Desember 2017 - 10:06 WIB
Wakil Ketua DPR Tegaskan Reuni 212 Dijamin Konstitusi
Wakil Ketua DPR Tegaskan Reuni 212 Dijamin Konstitusi
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon menghadiri acara Reuni 212 di kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017) pagi. Dalam sambutannya Fadli Zon menegaskan jika kegiatan ini dijamin oleh konstitusi.

“Kegiatan ini dijamin oleh konstitusi kita, Pasal 28 UUD 1945 menyebutkan setiap orang berhak untuk berserikat dan berkumpul, apalagi ini untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, pemimpin umat Islam yang memiliki pengaruh ke seluruh dunia, memiliki keteladanan di seluruh dunia,” ujar Fadli Zon dari atas panggung utama.

Ia mengingatkan, tidak boleh lagi ada orang-orang yang memiliki prasangka buruk kepada seluruh umat Islam. “Kalau masih ada yang berprasangka buruk terhadap umat Islam, kalau ada yang melarang ceramah, pengajian-pengajian, orang itu tidak tahu sejarah,” ucapnya.

Fadli Zon menegaskan, umat Islam memiliki "saham yang besar" dalam mendirikan Indonesia hingga saat ini. Bahkan, salah satu tokoh yang mendirikan NKRI ini adalah umat Islam. Perdana Menteri 1950, yakni Muhammad Natsir, merupakan tokoh Partai Masyumi yang mendirikan NKRI baru tahun 1945.

“Kalau ada yang curiga Islam akan menghancurkan NKRI, berarti tidak tahu sejarah. Umat Islam di Indonesia punya saham besar untuk mendirikan NKRI. Umat Islam telah membuktikan bahwa umat Islam tidak anti kebhinekaan,” imbuhnya.

Ia lalu mengingat aksi 212 pada tahun 2016 lalu dimana sebuah aksi besar berjalan dengan damai. “Tahun lalu 7 juta manusia berkumpul di satu tempat penuh kedamaian. Tidak perlu ditakut-takuti dan tidak perlu dikriminalisasi,” terangnya.

Fadli Zon meyakini setiap usaha kriminalisasi pasti akan berbalik dengan sendirinya. “Hukum jangan berpihak pada politik dan kekuasaan. Kalau keadilan tidak bisa ditegakkan hari ini, maka akan ditegakkan saat ganti pemimpin,” tutup Fadli Zon.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9959 seconds (0.1#10.140)
pixels