Sebanyak 2.300 Pedagang Pasar Senen Terancam Runtuhan Puing

Jum'at, 24 November 2017 - 20:31 WIB
Sebanyak 2.300 Pedagang...
Sebanyak 2.300 Pedagang Pasar Senen Terancam Runtuhan Puing
A A A
JAKARTA - Kondisi 2.300 pedagang Pasar Senen Blok VI, Jakarta Pusat semakin memprihatinkan. Selain sepi pembeli, keselamatan mereka juga terancam karena puing-puing gedung kerap berjatuhan akibat usia gedung yang sudah terlalu tua.

"Saya beberapa kali nyaris celaka karena kejatuhan puing dari bangunan gedung di lantai dua. Beruntung masih sempat menghindar sehingga tidak sampai kena kepala," ujar Sari Indah Pasaribu, pemilik toko kain ulos di lantai dua Blok VI, dijumpai Jumat (24/11/2017).

Sari mengaku selalu khawatir saat berjualan karena takut kejadian puing jatuh kembali terulang. Pada sisi lain jumlah pembeli yang datang ke tokonya juga semakin sepi dari hari ke hari. "Pendapatan terus menurun karena pembeli semakin jarang yang datang," kata dia.

Pedagang lainnya, BM Panjaitan mengaku sudah satu tahun terakhir dagangnya sepi pembeli. "Kalau terus menerus seperti ini dan pasar tidak aegera direnovasi kemungkinan saya akan menutup toko," keluh dia.

Ketua Tim Pedagang Pasar Blok VI, Usdin Nainggolan berencana mengadukan kondisi pasar kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Karena upaya mengadu ke PD Pasar Jaya tidak mendapat tanggapan.

"Kami sudah bicarakan dengan rekan-rekan pedagang lainnya untuk mengadukan persoalan Pasar Blok VI ini kepada Gubernur Anies Baswedan. Kemungkinan pekan depan kami akan sampaikan aduan kami," terang dia.

Anggota DPRD DKI Jakarta, Maman Firmansyah, mengkritik ketidakpedulian PD Pasar Jaya terhadap keadaan pedagang. Menurutnya Pasar Jaya harusnya membuka dialog dan mengakomodir keinginan pedagang.

"Jangan sampai dibiarkan seperti sekarang. Apalagi keselamatan dan mata pencaharian pedagang dalam kondisi terancam," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5881 seconds (0.1#10.140)