Pandangan Kriminolog UI Terkait Pembunuhan Dokter Letty

Jum'at, 10 November 2017 - 22:10 WIB
Pandangan Kriminolog UI Terkait Pembunuhan Dokter Letty
Pandangan Kriminolog UI Terkait Pembunuhan Dokter Letty
A A A
JAKARTA - Pembunuhan terhadap dr Letty Sultri yang dilakukan suaminya dr Ryan Helmi merupakan dampak dari pola komunikasi berubah dan orang lebih banyak mendahulukan ego yang dimiliki. Dampak ini diakibatkan renggangnya ikatan sosial di masyarakat.

Kriminolog Universitas Indonesia (UI) Ferdinand Andi Lolo menuturkan, saat ini ikatan sosial masyarakat cenderung merenggang. Hal itu disebabkan karena situasi seseorang menjadi lebih individualis. "Karena persaingan ketat sehingga ikatan sosialnya renggang," kata Ferdinand pada SINDOnews Jumat (10/11/2017).

Dia melanjutkan, ketika ikatan sosial merenggang maka tingkat toleransi pun menurun. Dampaknya, pola komunikasi berubah dan orang lebih banyak mendahulukan ego yang dimiliki. "Pelaku tidak memikirkan bagaimana orang lain. Tetapi lebih mendahulukan kepentingan sendiri atau egonya," ujarnya.

Sehingga kejadian semacam ini sering terjadi di berbagai tempat. Oleh karenanya negara harus berperan dalam mengurangi tindak kejahatan demikian."Peran negara bukan semata seperti aparat yang menindak. Tetapi lebih pada memegang peranan dari awal. Artinya, negara berperan saat pendidikan usia dini. Sehingga yang terbentuk adalah karakter yang bisa saling menghargai," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6941 seconds (0.1#10.140)