Psikolog: Pelaku Diduga Memiliki Motivasi Kuat Membunuh dr Letty

Jum'at, 10 November 2017 - 16:17 WIB
Psikolog: Pelaku Diduga Memiliki Motivasi Kuat Membunuh dr Letty
Psikolog: Pelaku Diduga Memiliki Motivasi Kuat Membunuh dr Letty
A A A
DEPOK - Pelaku pembunuhan terhadap dr Letty Sultri di Cawang, Jakarta Timur diduga memiliki motivasi kuat untuk membunuh korban. Kemungkinan faktor psikologis berperan besar mendorong pelaku untuk melakukan aksi pembunuhan sadis tersebut.

Hal ini diungkapkan psikolog dari Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta saat dihubungi SINDOnews. Aully menuturkan, pelaku pembunuhan dokter di Jakarta Timur adalah orang yang punya motivasi kuat membunuh.

"Motivasi yang kuat itu bisa dari beberapa faktor. Bisa psikologis, ekonomi, sosial dan lainnya," kata Aully pada Jumat (10/11/2017). Aully menjelaskan, faktor psikologis misalnya ada kecenderungan psikopat. Bisa jadi pelaku merasa terhina atau marah yang sangat sehingga terdorong untuk membunuh.

Pelaku, lanjut Aully, mungkin memiliki dendam karena sakit hati yang tidak terlampiaskan dan tidak bisa dialihkan.Selanjutnya, faktor ekonomi misalnya ada imbalan ekonomi yang besar kalau korban terbunuh.
Kemudian, faktor sosial misalnya, kedudukannya secara sosial terganggu karena keberadaan korban. "Intinya masalah akan terselesaikan jika korban dibunuh," ujarnya.

Aully menuturkan, jika pelakunya adalah anggota keluarga dekat, pasti masalah psikologis lebih banyak berperan. Dan jika benar pelaku adalah suami korban, maka mungkin selama ini hal tersebutlah yang dirasakan pelaku.

"Pelaku berpersepsi jika korban melakukan hal yang dianggapnya ‘tidak menghargai’ pelaku. Karena itu pelaku terdorong membunuh korban," ucapnya.( Baca: Dokter Tewas Ditembak Suami di Klinik Tempat Praktik di Cawang )
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7578 seconds (0.1#10.140)
pixels