Tanggul Jebol, 3 Pompa Portabel Dikerahkan ke Kampung Luar Batang

Selasa, 07 November 2017 - 19:06 WIB
Tanggul Jebol, 3 Pompa Portabel Dikerahkan ke Kampung Luar Batang
Tanggul Jebol, 3 Pompa Portabel Dikerahkan ke Kampung Luar Batang
A A A
JAKARTA - Mengantisipasi jebolnya tanggul yang ada di Kampung Luar Batang, Pemkot Administrasi Jakarta Utara langsung mengerahkan tiga unit pompa portabel kapasitas 800 liter perdetik. Air kemudian berkurang, ketinggian dari satu meter menurun menjadi sekitar 30 sentimeter.

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Junaedi mengatakan, tiga unit pompa milik Suku Dinas Tata Air Jakarta Utara tersebut akan kembali membuang air ke laut yang berbatasan dengan tanggul baru.

"Agar air cepat menyurut, kita akan operasikan 3 unit pompa," kata Junaedi saat ditemui di Kampung Luar Batang, Selasa (7/11/2017).

Menurut Junaedi hingga saat ini belum diperlukan evakuasi warga. Mengingat, air yang merendam pemukiman warga masih tergolong dangkal. Sejumlah karung pasir juga akan disiagakan di lokasi tersebut. Terutama menutupi sejumlah titik jebol tanggul.

"Tanggul pasir sudah mulai didistribusikan. Nanti langsung ditumpuk disejumlah titik jebol tanggul," tuturnya.

Terpisah Kadis Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan menjelaskan jebol air tanggul terjadi pada pukul 07.00 WIB, Senin 6 November 2017. Kala itu pihaknya sempat menetapkan kawasan itu dalam status siaga dua.

Teguh mengatakan penyebab jebolnya tanggul disebabkan karena tekanan dari bawah yang tinggi. Ombak air kemudian membuat jebol tanggul, hingga melebar ke bagian tengah tanggul, air laut kian tak terbendung.

Menangani masalah itu, Teguh menjelaskan, selain berusaha menyurutkan air laut dengan menyiapkan dua pompa dari dinas. Satgas air pun dikerahkan untuk mengatasi abrasi tembok tanggul.

"Untuk penanganan permanen akan diupayakan pemasangan batu kali oleh Aliran tengah Dinas SDA sehingga dapat menutup kebocoran yang ada," tutur Teguh.

Kini perbaikan kian menyeluruh, selain membenahi tanggul yang dari sisi dalam dekat rumah Safrudin. Kebocoran tanggul pun ditutup diluar tanggul untuk menambal ombak yang menghempas tanggul.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6901 seconds (0.1#10.140)