Pesan BJ Habibie untuk Anies-Sandi

Kamis, 26 Oktober 2017 - 02:29 WIB
Pesan BJ Habibie untuk Anies-Sandi
Pesan BJ Habibie untuk Anies-Sandi
A A A
JAKARTA - Presiden ketiga RI BJ Habibie, menyambut kedatangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno di kediamannya, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan.

Maksud dan tujuan Anies-Sandi ke rumah Habibie yakni untuk meminta restu sekaligus wejangan dalam memimpin ibukota. Usai pertemuan, Habibie berpesan kepada mereka tentang pentingnya memperhatikan aspek peningkatan sumber daya manusia (SDM).

"Pesan khusus agar supaya diperhatikan pengembangan sumber daya manusia dengan cikal bakal masa depan bangsa Indonesia," kata Habibie kepada Anies-Sandi, Rabu (25/10/2017).

"Jadi kita harus dalam hal ini memperjuangkan agar supaya sumber daya manusia yaitu perilakunya, baik dalam hal ini iman dan taqwanya," tambahnya.

Habibie menyebut, untuk meningkatkan sumber daya manusia harus didukung dengan pendidikan. Meski tak harus mengenyam pendidikan setinggi mungkin, lanjutnya, pemberdayaan yang tepat terhadap lulusan dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), menjadi modal dalam pembangunan bangsa.

"Pendidikan enggak usah (Strata) S1, S2, S3, yang penting dari sekolah kejuruaan. Nah itu yang nanti berada di depan, yang harus melaksanakan pembangunan. Tentunya nanti yang harus direkayasa oleh orang-orang yang mengerti, dan harus ada kerjasama rekayasa. Kita harus sinergi positif," lanjut Habibie.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Anies menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan mereka ke kediaman mantan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) itu. "Beliau secara orang tua kami. Kami memohon doa restu memulai tugas baru di Jakarta," ucap Anies.

"Pembicaraan singkat dengan beliau kami mohon minta doa agar bisa menjalankan amanat dengan sebaik baiknya. Beliau seorang pemimpin yang sudah mengalami naik turunnya permasalahan bangsa. Kami diskusikan terkait Jakarta," kata Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kemudian mengungkapkan tentang pesan Habibie terhadap pembangunan SDM. "Beliau mengatakan pentingnya kualitas sumber daya manusia yang baik. Pak Habibie selalu berbicara soal pendidikan karakter dan budaya bangsa," tutur Anies.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3602 seconds (0.1#10.140)