Polisi Pukul Mundur Massa Aksi di Depan Gedung LBH Jakarta

Senin, 18 September 2017 - 01:56 WIB
Polisi Pukul Mundur Massa Aksi di Depan Gedung LBH Jakarta
Polisi Pukul Mundur Massa Aksi di Depan Gedung LBH Jakarta
A A A
JAKARTA - Personel kepolisian akhirnya memukul mundur massa aksi di depan Gedung LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Awalnya, massa yang tak percaya dengan keterangan pihak kepolisian bahwa di Kantor LBH Jakarta tidak ada kegiatan yang terkait PKI, melemparkan batu ke arah petugas. Situasi yang sudah tak terkendali itu pun membuat petugas kepolisian menembakkan gas air mata.

"Saya minta semua pulang. Kasihan polisi. Ayo semuanya pulang," kata Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi Ario Seto, seusai gas air mata ditembakkan.

Seusai gas air mata ditembakkan, tampak massa mulai berpencar ke arah Jalan Imam Bonjol dan RSCM.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Suyudi Ario Seto beserta Dandim 0501/Jakarta Pusat Letkol Edwin Adrian Sumantha mencoba menenangkan massa yang berkerumun di Gedung LBH Jakarta, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (18/9/2017).

Setelah melakukan diskusi dengan para perwakilan LBH di dalam gedung, mereka menjelaskan kepada sekumpulan massa yang sudah memanas. Suyudi mengatakan, pihaknya memastikan acara di dalam tak berbau komunis. Kata dia, apabila ditemukan sebuah bukti ada unsur komunis, pihaknya bersedia menerima laporan dari masyarakat.

"Acara itu bukan acara PKI. Sehingga kegiatan tadi dilanjutkan dengan aksi seni. Malam ini sebenarnya tadi saudara di dalam sudah ingin kembali. Sehingga mereka hanya sedikit yaitu 23 orang. Untuk itu rekan-rekan harus menyikapi dengan hati-hati. Silakan kita buka ruang untuk laporan. Kalau apa yang dikata di medsos itu kegiatan PKI, saya katakan itu tidak benar," ujarnya di lokasi.

"Bohong, bohong. Ganyang, ganyang PKI sekarang juga," timpal sekumpulan massa.

Suyudi menegaskan, pihaknya sama sekali tak melindungi kelangsungan aksi PKI di Tanah Air. Apa yang dikatakan sudah sesuai dengan fakta setelah berdiskusi dengan mereka yang ada di dalam Gedung LBH Jakarta.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7411 seconds (0.1#10.140)