Komnas HAM Sebut Kasus Debora Fenomena Gunung Es

Selasa, 12 September 2017 - 10:37 WIB
Komnas HAM Sebut Kasus Debora Fenomena Gunung Es
Komnas HAM Sebut Kasus Debora Fenomena Gunung Es
A A A
JAKARTA - Komisioner Komisi Nasional (Komnas) Hak Azasi Manusia (HAM) Maneger Nasution prihatin atas kasus tewasnya bayi bernama Tiara Debora Simanjorang di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kalideres, Jakarta Barat. Menurut dia, kejadian itu tidak perlu terjadi jika seandainya pihak rumah sakit segera menolong pasien.

"Komnas HAM prihatin atas kembali terjadinya kematian anak-anak Indonesia karena kemiskinan dan buruknya pelayanan publik. Kali ini melanda bayi Debora," kata Maneger, Selasa (12/9/2017).

Ia menyebutkan, kasus Debora terungkap karena diangkat oleh media. Hal ini seakan menunjukkan bahwa kasus bayi Debora seperti fenomena gunung es. Maneger meyakini selama ini banyak kasus serupa terjadi namun tidak terkuak.

"Mari kita jujur terhadap kemanusiaan, berapa banyak anak-anak Indonesia yang mengalami hal yang sama, tidak dilayani rumah sakit karena orang tuanya berekonomi kurang beruntung. Bedanya, mereka-mereka yang tidak beruntung itu belum terberitakan oleh media," tutupnya.

Diketahui, bayi dari pasangan Henny Silalahi dan Rudianto Simanjorang ini meninggal di RS Mitra Keluarga Kalideres lantaran tidak mendapatkan perawatan yang semestinya. Debora meninggal setelah pihak Rumah Sakit menolak merawatnya di ruang PICU, karena orang tua bayi itu tidak sanggup membayar uang muka. Baca: RS Mitra Keluarga Klaim Penanganan Bayi Debora Sesuai SOP)
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6030 seconds (0.1#10.140)