Djarot: Saya Minta Tolong, Misi Utama Dokter dan RS Menolong

Senin, 11 September 2017 - 13:21 WIB
Djarot: Saya Minta Tolong, Misi Utama Dokter dan RS Menolong
Djarot: Saya Minta Tolong, Misi Utama Dokter dan RS Menolong
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat sudah memerintahkan Dinas Kesehatan (Dinkes) menginvestigasi penyebab kematian Debora untuk mencari kebenaran kasus tersebut. Untuk itu, Djarot ingin Dinkes DKI secepatnya memanggil pihak RS Mitra Keluarga Kalideres untuk dimintai keterangan terkait kasus tersebut.

Menurut Djarot, setiap rumah sakit mestinya selalu berorientasi kepada pelayanan dan penyelamatan nyawa pasien. "Sebab itu, saya minta supaya direksi rumah sakitnya diundang untuk menekankan ini (pelayanan). Tanggung jawab rumah sakit itu menyelamatkan orang lain. Saya belum mendapatkan laporan lengkap karena hari ini atau besok (pihak RS) akan dipanggil oleh Dinkes," ujar di Balai Kota, Senin (11/9/2017).

Diketahui, bayi dari pasangan Henny Silalahi dan Rudianto Simanjorang itu meninggal di RS Mitra Keluarga Kalideres lantaran tidak mendapatkan perawatan yang semestinya. Debora meninggal setelah pihak Rumah Sakit menolak merawatnya di ruang PICU, karena orang tua bayi itu tidak sanggup membayar uang muka sebesar Rp19,8juta.

Tak ingin kasus serupa terjadi di DKI, Djarot kembali menegaskan bahwa setiap rumah sakit wajib memberikan pelayanan terbaik. (Baca:Dinas Kesehatan DKI Investigasi Kasus Kematian Bayi Debora)

"Yang perlu saya tegaskan di sini, saya minta tolong betul, misi utama dokter, misi utama rumah sakit adalah menolong, menyelamatkan jiwa orang lain. Kalau dia hanya berorientasi kepada keuntungan semata, itu sudah enggak bener, sudah melenceng," tegas Djarot.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8017 seconds (0.1#10.140)