Gelar Donor Darah, Antusiasme Karyawan MNC Group Semakin Tinggi

Rabu, 23 Agustus 2017 - 13:50 WIB
Gelar Donor Darah, Antusiasme...
Gelar Donor Darah, Antusiasme Karyawan MNC Group Semakin Tinggi
A A A
JAKARTA - ‎Antusiasme karyawan MNC Group dalam mendonorkan darahnya melalui PMI ternyata cukup tinggi. Ini terlihat dari aksi donor darah yang digelar MNC Group di MNC Tower Kebon Sirih Jakarta Pusat.

"Saya lihat ada peningkatan, kalau sebelumnya mungkin 200-300 kantong darah, sekarang kurang lebih permintaan 500 kantong darah," kata Dokter PMI, Fathanillah dalam acara MNC Love Donation "let's Share The Love with Your Blood" di Auditorium Lantai B2, MNC Tower Kebon Sirih, Rabu (23/8/2017).

"Kedepan sih harapnya lebih banyak lagi, dan saat kita bawa kantong cukup banyak, sehingga peserta yang hadir bisa mendonorkan darahnya jadi tak perlu lama nunggu," ujarnya.

Dikatakan, persediaan kebutuhan darah PMI saat ini mencapai 350-450 kantong darah. Dengan adanya kegiatan ini, Fathanillah mengaku sangat terbantu sekali, apalagi dalam gelaran MNC Love Donation 'Lets Share The Love with Your Blood' ini target permintaanya mencapai 500 kantung darah. "Mudah-mudahan, bisa lebih mencukupi dari yang kita harapkan," katanya.

Dikatakan, banyak manfaatnya dengan mendonorkan darah, dari segi kesehatan sendiri, si pendonor akan menjaga kesehatan tubuhnya, pasalnya secara otomatis tubuh pendonor akan memproduksi sel darah baru.

Sementara dari segi kegiatan kemanusiaan, permintaan darah ini setiap tahunnya semakin meningkat, sementara ‎persedian darah sendiri terbilang kurang. "Harapannya pendonor partisipasinya lebih aware, bisalebih partisipasi dalam giat donor darah lebih ditingkatkan," ujarnya.

Sementara itu, untuk sosialisasi donor darah, kata Fathanillah, belum semuanya dapat tersentuh, tak semua masyarakat ikut andil dalam donor darah. "Karena sosialisasi belum luas, jadi ‎pada segmen, masyarakat tertentu belum terpenuhi," jelasnya.

‎Apalagi dari kegiatan donor di beberapa tempat yang mencapai 300-400 kantung itu belum semuanya dapat digunakan, lantaran darah yang telah diambil harus kemudian di uji lab atau proses screening agar mendapatkan darah yang bersih dan sehat.

"Pengambilan normalnya harian 300-400 an tapi kan nanti ada screening ulang, jadi enggak lolos semua. Screening penyakit menular, dari form itu, ada beberapa tahap screening sebelum digunakan untuk pasien," jelasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)