Transportasi Kurang Memadai, Pembatasan Motor Bebankan Masyarakat

Selasa, 22 Agustus 2017 - 23:55 WIB
Transportasi Kurang Memadai, Pembatasan Motor Bebankan Masyarakat
Transportasi Kurang Memadai, Pembatasan Motor Bebankan Masyarakat
A A A
JAKARTA - Pemberlakukan pembatasan sepeda motor di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Senayan dinilai hanya akan membebani para pekerja di kawasan tersebut. Sebab, di ruas itu transportasi angkutan umum yang ada kurang memadai.

Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia Darmaningtyas menganggap kebijakan pembatasan tersebut belum tepat jika diberlakukan dalam waktu dekat."Transportasi umum yang ada saat ini tidak memadai, jadi pekerja yang memiliki mobilitas di kawasan bisnis itu akan kesulitan," kata Darmaningtyas, Selasa (22/8/2017).

Terlebih saat ini, lanjut Darmaningtyas, Pemprov DKI Jakarta belum mampu menyediakan moda transportasi yang memadai untuk warga. PT Transportasi Jakarta sebagai BUMD yang mengoperasikan bus Transjakarta juga baru mampu melayani 430.000 penumpang dengan operasional armada sebanyak 1.200 unit.

Padahal, Pemprov DKI menargetkan tahun 2017 ini mampu menyiapkan 3.000 bus baru untuk melayani mobilitas penumpang di Jakarta. Belum terpenuhinya jumlah penambahan bus itu membuat target melayani 1 juta penumpang per hari di Jakarta pun sulit direalisasikan.

Kondisi ini diperparah dengan infrastruktur transportasi seperti Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT) yang hingga kini masih dalam tahap pembangunan.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)