Sterilisasi Trotoar, Pengamat Minta Agar Dilakukan Selamanya

Jum'at, 04 Agustus 2017 - 14:37 WIB
Sterilisasi Trotoar, Pengamat Minta Agar Dilakukan Selamanya
Sterilisasi Trotoar, Pengamat Minta Agar Dilakukan Selamanya
A A A
JAKARTA - Upaya Pemprov DKI memanjakan pejalan kaki dengan menertibkan sejumlah kendaraan maupun pedagang kaki lima (PKL) diharapkan bisa dilakukan secara terus menerus. Tiga isntitusi petugas keamanan yang berwenang diharapkan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dengan memantau trotoar secara acak.

Pengamat Tata Kota Nirwono Joga menilai, jika tertib trotoar ini seharusnya tak hanya digencarkan di bulan ini saja, tetapi seharusnya diberlakukan selamanya. "Ketertiban di trotoar harusnya berlaku selamanya," katanya yang dihubungi SINDOnews, Jumat (4/8/2017).

Penegakan hukum seperti ini, kata Nirwono , harus dilakukan secara konsisten. Misalnya memberikan sanksi tegas mulai dari teguran, penilangan, hingga pencabutan SIM bagi pengendara yang parkir di trotoar.

Kemudian petugas Dinas Perhubungan yang melakukan penertiban kendaraan yang melanggaran kendaraan yang parkir di badan atau tepi trotoar. Begitupun dengan Petugas Sapol PP yang menertibkan PKL yang melanggar.

‎"Ini sesuai amanat UU 22/2009 tentang lalu lintas & angkutan jalan, Perda 8/2007 tentang Ketertiban Umum. Jadi kalau bisa dilakukan terus menerus dan tidak di bulan Agustus ini saja," katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6139 seconds (0.1#10.140)