Sudah Delapan Kali Truk Sampah DKI Diserang

Minggu, 09 Juli 2017 - 10:49 WIB
Sudah Delapan Kali Truk Sampah DKI Diserang
Sudah Delapan Kali Truk Sampah DKI Diserang
A A A
BEKASI - Kasus pelemparan batu terhadap truk sampah DKI di Kota Bekasi bukan kali ini terjadi. Selama 2017, tercatat sudah delapan kali terjadi peristwa semacam ini.

Unit Pengolahan Sampah Terpadu (UPST) Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mencatat sudah delapan kali kasus pelemparan batu terhadap truk sampah miliknya di Kota Bekasi. (Baca juga: Pria Misterius Serang Truk Sampah DKI Jakarta )

Kasus penyerangan ini terjadi sejak Januari hingga Juli 2017. ”Sudah delapan kali terjadi kasus pelemparan batu oleh orang misterius di Bekasi,” kata Asep kepada wartawan di Bekasi, Minggu (9/7/2017).

Dinas Lingkungan Hidup tidak tinggal diam, dan sudah melaporkanya kepada pihak kepolisian untuk segera menindaklanjutinya.”Sudah kami laporkan, Kami berharap agar tersangka bisa segera ditangkap. Karena sangat merugikan kami,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi untuk turut menjaga jalur perlintasan truk sampah DKI di wilayah setempat. Hal ini mengacu pada Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara DKI dan Kota Bekasi terkait pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Dalam perjanjian kerja sama itu, lanjut dia, penjagaan jalur lintasan truk menjadi kewajiban Kota Bekasi. Menyusul kejadian ini, pembinaan terhadap para sopir truk sampah akan ditingkatkan.

Menurut dia, pembekalan materi diberikan oleh Suku Dinas Lingkungan Hidup di masing-masing wilayah di Jakarta.

Meski sopir tidak mengalami luka, namun kejadian ini mengakibatkan kerugian materi, yaitu rusaknya kaca depan truk senilai Rp2 juta. Oleh petugas, truk itu akan dibawa ke bengkel untuk diperbaiki.

”Banyak kerugian yang kami derita, selain materi, juga berdampak pada mental sopir,” ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pria misterius tiba-tiba menyerang truk sampah milik DKI Jakarta di Jalan Raya Siliwangi, RT 2/5, Kecamatan Bantar Gebang, Kota Bekasi, Sabtu 8 Juli 2017 pukul 04.15 WIB.

Pelaku melempari truk dengan batu hingga kaca depan armada bernomor polisi B 9630 TOQ itu retak dan berlubang. ”Yang rusak kaca truk sampah, pengemudinya selamat tidak terluka,” ujar Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Bekasi Kota, Kompol Erna Ruswing Andari, Minggu (9/7/2017).
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5957 seconds (0.1#10.140)