15.000 Pemudik Ikut Mudik Gratis Sido Muncul

Sabtu, 17 Juni 2017 - 21:10 WIB
15.000 Pemudik Ikut Mudik Gratis Sido Muncul
15.000 Pemudik Ikut Mudik Gratis Sido Muncul
A A A
JAKARTA - Bicara tentang “Mudik Gratis”, masyarakat pasti identik dengan Sido Muncul yang merupakan pelopor Mudik Gratis sejak tahun 1991. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Sabtu 17 Juni 2017,

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk kembali menyelenggarakan mudik gratis bagi para pedagang jamu se-Jabodetabek. Pada penyelenggaraan mudik ke-28 kalinya ini, Sido Muncul memberangkatkan 15.000 pemudik menggunakan 260 bus.

Mudik gratis ini memiliki tujuh kota tujuan, yaitu Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, dan Yogjakarta. Sebanyak 160 bus akan diberangkatkan dari area Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta Timur dan bus lainnya akan diberangkatkan dari Sukabumi, Bandung, Tangerang, Cilegon, Serang, Cikampek, Bogor, dan Cibinong.

Para pemudik yang diberangkatkan dari Jakarta dilepas oleh Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, Direktur Angkutan dan Multimoda Cucu Mulyana, Kepala Korps Lalu Lintas Pertahana Irjen Pol Royke Lumowa, Kepala BPOM Penny K Lukito,Kepala Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Kosmetik, dan Produk Komplemen BPOM Ondri Dwi Sampurno, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyarawdana, keluarga Proklamator RI Bung Hatta, Direktur Utama PT Sido Muncul Jonatha Sofjan Hidajat dan Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat.

Mudik Gratis Sido Muncul pertama kali dilaksanakan pada tahun 1991 di Lapangan Parkir Timur Senayan dengan menggunakan 17 bus diikuti oleh 1.200 pedagang jamu. Namun, beberapa tahun terakhir peserta mudik bukan hanya para pedagang jamu ataupun jamu gendong, tetapi juga para pedagang asongan, dan pembantu rumah tangga.

Direktur Utama PT Sido Muncul Jonatha Sofjan Hidajat mengatakan sebagai perusahaan yang mempelopori kegiatan mudik gratis sejak 1991, Sido Muncul telah memberangkatkan sebanyak 332.400 pemudik yang merupakan pedagang jamu dan keluarganya.“Tahun ini jumlah peserta Mudik Gratis Sido Muncul berkurang dibandingkan tahun lalu. Hal ini dikarenakan ekonomi pedagang jamu membaik dan makin banyaknya perusahaan atau institusi yang menyelenggarakan mudik gratis”, ujar Sofjan Hidajat.

Direktur PT Sido Muncul Irwan Hidayat menambahkan, ide mudik gratis ini adalah dari adik saya Jonatha Sofjan Hidajat yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama. Selama tiga tahun dari tahun 1991-1993, kegiatan mudik dilakukan secara sederhana dan tidak ada pejabat pemerintah yang melepas para pemudik.

Saat itu yang mewakili direksi untuk melepas para pemudik adalah Marketing Manager Kris Irawan. Padahal menurut Irwan Hidayat mudik gratis Sido Muncul ini adalah acara yang bagus, sehingga sangat disayangkan jika tidak dikelola dan dipublikasikan dengan baik.

Oleh karena itu, pada 1994 Sido Muncul menyelenggarakan mudik gratis secara terkonsep dan optimal dengan memberikan hiburan bagi para pemudik, mempromosikan produk-produk Sido Muncul pada bus, mengundang pejabat untuk melepas keberangkatan, serta mempublikasikan kegiatan mudik gratis dengan pedagang jamu.

“Bahkan yang dirasakan seluruh keluarga besar Sido Muncul, bisa menyelenggarakan mudik gratis selama 28 kali adalah sebuah mukjizat. Selamat hari Idul Fitri 1438 H. Mohon maaf lahir batin,” tambah Irwan Hidayat.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3512 seconds (0.1#10.140)