10 Bus Mayasari Bhakti Hangus Terbakar di Pool Bekasi

Selasa, 13 Juni 2017 - 16:08 WIB
10 Bus Mayasari Bhakti Hangus Terbakar di Pool Bekasi
10 Bus Mayasari Bhakti Hangus Terbakar di Pool Bekasi
A A A
BEKASI - Belasan unit bus Mayasari Bhakti hangus terbakar dalam kebakaran hebat di Pool Bus Mayasari Bhakti Depo C RT7/6, Jalan Raya Teuku Umar, Kilometer 44, Kelurahan Telaga Asih, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/6/2017).

"Yang hangus terbakar sebanyak 10 unit bus, diduga api berasal dari konsleting arus listrik kendaraan," ujar Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas Polres Metro Bekasi, Komisaris Kunto Bagus.

Menurutnya, dalam peristiwa kebakaran itu tidak sampai memakan korban jiwa. Kunto menjelaskan, peristiwa terbakarnya bus tersebut terjadi sekitar pukul 00.14 WIB, saat itu ketiga petugas keamanan yakni Jaenal, Andi Franky, Dodi Setiabudi melihat percikan api tiba- tiba membesar dari sebuah bus jurusan Bekasi-Senen (P9A) yang terparkir di Pool.

Melihat hal itu, petugas keamanan lalu memberitahukan kepada sopir, kernet dan mekanik yang berada tidak jauh di lokasi terbakarnya bus untuk membantu memadamkan api. "Mereka berusaha memadamkan api yang mulai membesar dibus tersebut dengan alat seadanya," katanya.

Selain berusaha memadamkan api, kata dia, para sopir dan kernet bus juga berusaha mengeluarkan puluhan bus yang terparkir di Pool bus PT Mayasari Bhakti tersebut. Karena api semakin membesar, alhasil sepuluh bus tersebut tidak bisa diselamatkan dan ikut terbakar.

Sopir dan petugas keamanan lalu melaporkan hal ini kepada Polsek Cikarang Barat dan Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi. Kemudian api berhasil dipadamkan 8 unit Damkar 2 jam kemudian serta petugas berhasil mengevakuasi puluhan bus lainya.

Saat ini, kata dia, pihak kepolisian masih meminta keterangan saksi yang melihat kejadian tersebut. Dilokasi kejadian dipasang garis police line guna kepentingan penyelidikan. Pasalnya, kejadian kebakaran di pool bus Mayasari Bhakti sudah terjadi beberapa kali menjelang Lebaran.

Sementara beberapa bus yang tidak ikut terbakar saat ini sudah beroperasi kembali melayani beberapa rute Cikarang-Bekasi-Jakarta. Kasus ini ditangani Polsek Cikarang Barat dan Polres Metro Bekasi. "Kasus ini masih kita dalami, saksi masih kita minta keteranganya," tegasnya.

Sementara salah satu petugas keamanan Jaenal mengatakan kepada penyidik, percikan api itu muncul disalah satu bus Mayasari, saat itu lidah api sudah membesar dan sulit untuk dipadamkan. "Jadi kami selamatkan yang belum terbakar, karena api sangat besar," katanya.

Warga Kampung Kebon Kopi RT 3/7, Desa Karang Asih, Kecamatan Cikarang Utara ini mengaku, dia bersama sopir dan karyawan lainya berusaha memadam api dengan alat seadanya. Hanya saja, api sudah membesar dan beberapa kali terdengar ledakan dari api.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3911 seconds (0.1#10.140)